9 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Bisa Ditemukan di Dapur

9 Macam Obat Sakit Gigi Anak yang Bisa Ditemukan di DapurAda berbagai macam obat dan dijamin ampuh meringankan rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi tidak hanya sangat menyiksa bagi anak, bahkan orang tua pun dibuat repot dan resah. Makan tidak bisa, tidur pun tersiksa. Orang tua yang pernah menghadapi anak yang sakit gigi pasti tahu betapa paniknya, apalagi saat dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk membawa anak ke dokter. Ketika sakit gigi memang disarankan untuk segera ke dokter, akan tetapi kita tetap membutuhkan alternatif lain saat tiba-tiba gigi anak sakit.

Sakit gigi pada anak biasanya terjadi akibat gigi yang berlubang. Anak terlalu sering mengonsumsi makanan manis dan lupa menyikat gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang dan akhirnya menimbulkan rasa sakit. Tidak jarang rasa sakit gigi yang diderita anak dibarengi gejala lain, seperti rasa tidak enak badan atau demam. Bahkan sakit gigi bisa sampai menyebabkan gusi bengkak dan infeksi bakteri pada akar gigi.  Bagi orang dewasa minum obat sakit gigi hal yang biasa, namun obat sakit gigi anak tidak bisa sembarangan diberikan.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Macam-macam Obat Sakit Gigi Untuk Anak

Bawang Putih

Salah satu obat sakit gigi yang mudah Anda dapatkan di dapur adalah bawang putih. Bawang putih dapat dijadikan obat sakit gigi. Karena kandungan saripati bawang putih mampu meredakan rasa sakit gigi. Cara menggunakannya yaitu geprek bawang putih lalu letakkan pada gigi yang sakit. Biarkan hingga rasa sakit hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu bahan masakan yang mampu meredakan rasa sakit pada gigi. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi bisa menyembuhkan rasa nyeri pada gigi. Cara menggunakannya, potong jeruk nipis menjadi potongan kecil, kemudian letakkan potongan jeruk nipis tadi pada gigi yang sakit. Tunggu selama beberapa menit. Jeruk nipis bisa Anda coba sebagai obat sakit gigi anak.

Kompres Dengan Air Dingin

Tidak jarang, sakit gigi yang dialami anak juga disertai gusi yang bermasalah sehingga pipi menjadi membengkak. Jika terjadi hal tersebut, Anda bisa coba mengompres pipi menggunakan air dingin atau es. Caranya, rendam kain ke dalam air dingin lalu tempelkan kain tersebut ke pipi si kecil dekat gigi yang sakit. Atau cara kedua, dengan membungkus es batu lalu tempelkan di pipi. Anda bisa mencoba salah satu cara mengobati sakit gigi tersebut.

Air Garam

Air garam bisa dijadikan sebagai obat saat gigi anak. Caranya yaitu dengan merendam satu sendok teh garam meja ke dalam segelas air hangat. Kemudian minta anak untuk berkumur-kumur dengan air larutan garam tersebut selama 30 detik. Larutan air garam mampu membunuh bakteri pada sekitar daerah yang sakit dan membuat penyembuhan menjadi lebih cepat. Anda patut mencoba cara ini jika sakit gigi pada anak tiba-tiba terjadi.

Bawang Merah

Obat sakit gigi alami berikutnya adalah bawang merah. Bawang merah ampuh mengatasi gigi berlubang. Kandungan anti-mikrobial dan anti-septik pada bawang merah dapat mengatasi rasa nyeri pada gigi dan gusi. Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan bawang merah, lalu tempel pada bagian gigi yang sakit. Bisa juga dengan cara dikunyah.

Cuka Apel

Cara mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang berikutnya yaitu menggunakan cuka apel atau cuka dapur. Kandungan antimikrobal dan antibakteri pada cuka apel berfungsi sebagai obat sakit gigi anak. Cara menggunakannya, dengan melarutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air. Lalu berkumur-kumurlah dengan air cuka apel tersebut. Anda bisa juga meneteskan cuka apel pada gulungan kapas kecil, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit dan diamkan hingga rasa sakit reda.

Jahe

Jahe ternyata juga efektif mengatasi sakit gigi pada anak. Bumbu dapur satu ini mengandung antibiotik sehingga mampu membunuh kuman yang ada di dalam gigi yang berlubang. Cara menggunakannya, yaitu dengan menggeprek satu siung jahe. Setelah jahe hancur, tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan beberapa saat sampai rasa sakitnya hilang.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa Anda gunakan sebagai obat sakit gigi anak. Daun ini mengandung analgesik, anti mikroba dan anti radang yang mampu menyembuhkan rasa sakit akibat gigi berlubang. Cara menggunakannya, yaitu dengan menumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan daun jambu biji dingin. Setelah dingin berkumurlah dengan air rebusan jambu biji tersebut.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan obat sakit gigi tradisional yang banyak digunakan orang sejak dulu. Kandungan euganol pada minyak cengkeh berfungsi sebagai anetesi alami yang mampu meredakan nyeri pada gigi. Cara menggunakannya, yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh pada gulungan kapas kecil. Kemudian tempelkan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh tersebut pada gigi yang terasa sakit.

Cara Menghindari Sakit Gigi Pada Anak

Meskipun ada banyak obat sakit gigi anak untuk mengatasi sakit gigi pada anak, namun sebaiknya melakukan pencegahan. Dengan melakukan perawatan terhadap kesehatan gigi anak, sakit gigi dan gusi bengkak tidak akan terjadi. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Untuk itu Anda perlu mengajari anak merawat kesehatan giginya dengan melakukan hal-hal dibawah ini;

Merawat Kebersihan Gigi

Ajarkan pada anak cara menjaga dan merawat giginya sendiri. Biasakan anak untuk rutin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Setelah makan makanan yang manis suruh anak untuk berkumur agar sisa makanan manis tidak menempel pada gigi dan menyebabkan sakit gigi. Ajarkan juga anak untuk membersihkan sisa makanan yang terselip dalam gigi menggunakan benang gigi. Kebiasaan merawat kebersihan gigi ini harus selalu Anda awasi, agar anak tidak lalai dalam membersihkan giginya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

 

Mengonsumsi Makanan sehat

Makanan yang dikonsumsi oleh anak adalah faktor penting lain yang harus diperhatikan. Salah satu kunci dalam menjaga kesehatan gigi yaitu dengan membiasakan anak untuk memakan makanan yang sehat dan alami. Hindari makan-makanan yang memicu kerusakan gigi seperti permen, cokelat, serta minum-minuman yang terlalu manis dan bersoda. Jadi, menjaga makanan penting untuk menghindari timbulnya sakit gigi. Selain itu juga membuat gigi menjadi kuat dan sehat.

Periksa Kesehatan Gigi Secara Rutin

Obat sakit gigi anak memang mudah ditemukan, bahkan rempah-rempah dapur juga bisa menyembuhkan sakit gigi. Namun, orang yang bijak pasti memilih menghindari sakit gigi ketimbang harus mengonsumsi obat. Salah satu cara mencegah sakit gigi yaitu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin. Bawa anak untuk memeriksa kesehatan giginya ke dokter setiap 6 bulan sekali. Memeriksakan gigi secara rutin ke dokter membuat kondisi gigi akan selalu terpantau.

Itulah beberapa jenis obat sakit gigi anak yang mudah ditemukan di rumah Anda. Sekaligus cara pencegahan terjadinya sakit gigi. Obat-obatan tersebut sebagai alternatif saat tiba-tiba anak mengalami sakit gigi.  Menjaga kesehatan gigi merupakan satu hal penting yang tidak boleh dianggap remeh. Mari jaga kesehatan gigi pada anak.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *