Asam Mefenamat Merupakan 1 obat sakit gigi apotek yang kaya manfaat

Asam Mefenamat Merupakan 1 obat sakit gigi apotek yang kaya manfaat. Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh banyak orang di berbagai jenjang usia, tidak hanya anak-anak maupun orang dewasa saja, namun dapat juga menyerang lansia sekalipun. yang tidak mengenakkan dari permasalahan dengan kesehatan gigi ini adalah biasanya sakit gigi dapat menyebabkan munculnya keluhan penyakit lainnya, seperti sariawan, gusi bengkak, napas berbau dan berbagai masalah mulut lainnya.

Selain beberapa permasalahan mulut, sakit gigi juga dapat mengganggu proses pencernaan, hal ini karena gigi yang fungsinya untuk mengunyah makanan akan kesulitan untuk menjalankan fungsi tersebut. Bahkan tidak jarang, ketika sedang sakit gigi, untuk membuka mulut saja akan terasa sakit, sehingga akan membuat malas untuk mengonsumsi makanan sementara tubuh memerlukan nutrisi dari makanan-makanan tersebut. Oleh karena itu, sakit gigi bukanlah penyakit yang bisa disepelekan.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Untuk mengobatinya, salah satu obat sakit gigi apotek yang biasa digunakan untuk mengatasi nyerinya adalah asam mefenamat. Ya, obat yang termasuk dalam jenis obat antiinflamasi tersebut adalah obat yang ampuh digunakan untuk mengobati sakit gigi. Namun ternyata, obat ini rupanya memiliki berbagai manfaat lainnya. Nah, tapi sebelum itu, berikut adalah pemaparan mengenai pengertian, kegunaan, dosis, dan efek samping penggunaan asam mefenamat.

Pengertian Asam Mefenamat

Asam mefenamat atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan mefenamic acid ini adalah obat yang fungsinya ialah untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, hingga nyeri akibat peluruhan darah ketika haid pada perempuan. Cara kerja obat golongan obat antiinflamasi nonsteroid ini adalah dengan memblok atau menghambat enzim yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri, sakit, atau radang.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, obat sakit gigi apotek ini termasuk pada jenis obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang biasa diresepkan dokter sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Obat ini dapat dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak yang berusia lebih dari 14 tahun. Meski begitu, obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena berdasarkan penelitian yang dilakukan pada binatang, tampak adanya efek samping pada janin. Oleh karena itu, meski belum diujikan pada wanita hamil, lebih baik ibu hamil tidak mengonsumsi obat ini untuk mengantisipasi efek samping yang buruk pada kandungan.

Kegunaan Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan obat yang seringkali dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan nyeri, hal ini karena obat sakit gigi apotek ini bersifat anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan dan munculnya rasa nyeri. Nah, berikut adalah beberapa fungsi lain dari mefenamic acid yang perlu Anda ketahui.

Meredakan nyeri sakit gigi

Kegunaan asam mefenamat yang pertama adalah untuk meredakan nyeri sakit gigi. Ya, sifat asam mefenamat yang antiinflamasi ini dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi yang pada awalnya dipicu karena adanya masalah dengan gigi seperti gigi berlubang, gigi sensitif, hingga tumbuhnya gigi baru. Oleh karena itu, asam mefenamat dapat disebut sebagai obat sakit gigi apotek yang ampuh untuk meredakan sakit gigi.

Meredakan nyeri haid

Selain untuk meredakan nyeri akibat berbagai permasalahan gigi, obat asam mefenamat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat proses peluruhan darah haid. Meski begitu, penggunaan obat ini untuk mengobati nyeri haid berbeda dosisnya dengan ketika obat sakit gigi apotek ini digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi.

Meredakan sakit kepala

Sifat antipiretik asam mefenamat ini rupanya tidak hanya dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri, namun juga dapat digunakan untuk menurunkan demam dan mengobati pusing sakit kepala. Meski begitu, penggunaan obat sakit gigi apotek ini untuk mengobati sakit kepala harus tetap sesuai dengan anjuran dokter.

Mengurangi ketegangan obat lainnya

Kegunaan asam mefenamat lainnya adalah dapat mengurangi ketegangan dari penggunan obat-obatan lainnya. oleh karenanya, tidak jarang jika obat ini biasanya digunakan bersama obat lainnya, salah satunya adalah dengan antasida yang mengandung magnesium hidoksida untuk mengobati nyeri akibat penyakit asam lambung.

Cara Penggunaan Asam Mefenamat

Asam mefenamat adalah obat yang tersedia dalam berbagai bentuk, yakni tablet, kapsul, maupun sirup yang dikonsumsi dengan cara ditelan. Biasanya obat ini diminum setiap 6 jam sekali dalam satu minggu dengan dosis tinggi di awal pengobatan dan berturut-turut dikecilkan dosisnya setelah itu. Obat ini dapat dikonsumsi ketika maupun sesudah makan. Sementara jika obat sakit gigi apotek ini  berupa obat sirup, untuk mengonsumsinya wajib untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum obat tersebut diminum.

Dosis atau Aturan Pemakaian Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan obat resep yang harus dikonsumsi sesuai dengan dosis pemakaiannya. Dosis pemakaian obat sakit gigi apotek ini tergantung pada usia dan keadaan si penderita yang diharuskan mengonsumsi obat ini. Nah, berikut adalah pembagian dosis atau aturan pemakaian asam mefenamat.

Untuk mengobati nyeri sendi maupun nyeri sakit gigi

Untuk mengobati nyeri sendi maupun nyeri sakit gigi, dosis obat sakit gigi apotek ini ketika digunakan untuk orang dewasa adalah dengan mengonsumsi asam mefenamat 500 mg pada pertama pengobatan lalu dikurangi dosisnya dengan 250 mg setiap 6 jam dalam seminggu. Sedangkan untuk anak-anak di atas 14 tahun, dosis yang diberikan adalah setengah kali dosis orang dewasa maupun dosis yang ditentukan oleh dokter. Takaran dosis ini dapat berubah dengan mempertimbangkan kondisi pasien, tingkat keparahan sakit dan reaksi yang diberikan tubuh pasien terhadap asam mefenamat yang diberikan.

Untuk mengobati nyeri karena haid

Berbeda dengan dosis yang digunakan untuk mengobati nyeri sendi maupun nyeri sakit gigi, dosis yang digunakan untuk mengobati nyeri haid adalah dengan mengonsumsi asam mefenamat 500 mg untuk dosis pertama, lalu dosisnya dikurangi menjadi 250 mg setiap 6 jam sekali dalam 2 hingga 3 hari. Dosis tersebut adalah dosis untuk orang dewasa, sedangkan dosis untuk anak usia di atas 14 tahun ditentukan oleh dokter. Takaran dosis ini dapat berubah dengan mempertimbangkan kondisi pasien, tingkat keparahan sakit dan reaksi yang diberikan tubuh pasien terhadap asam mefenamat yang diberikan.

Efek Samping Pemakaian Asam Mefenamat

Manfaat dan kegunaan asam mefenamat untuk meredakan nyeri maupun kegunaan lainnya dapat diterima tubuh jika digunakan dalam kondisi yang wajar. Namun, jika obat sakit gigi apotek ini digunakan tidak sesuai dengan aturan, obat ini justru dapat menimbulkan beberapa efek yang tidak baik. Di antaranya ialah mual-mual, pusing, mudah lelah, dan gangguan pencernaan.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini

Selain beberapa efek samping pada fisik tersebut, efek samping pemakaian asam mefenamat yang tidak sesuai tersebut juga dapat menimbulkan kecemasan yang berlebih. Hal ini ditandai dengan hilangnya nafsu makan dan detak jantung yang tidak beraturan. Berbagai efek samping pemakaian obat yang tidak sesuai itu dapat serius. Jika sudah menemukan gejala-gejala tersebut ada baiknya untuk segera menghubungi dokter.

Demikian adalah pemaparan mengenai Asam Mefenamat, obat sakit gigi apotek yang kaya akan manfaat. Jadi, ternyata obat ini bukan hanya dapat digunakan untuk mengobati nyeri yang diakibatkan oleh gigi, namun juga dapat meredakan nyeri haid, mengobati sakit kepala dan berbagai kegunaan lainnya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *