Penyebab Sakit Gigi dan 3 Obat Sakit Gigi Apotek Paling Manjur

Penyebab Sakit Gigi dan 3 Obat Sakit Gigi Apotek Paling Manjur – Penyakit gigi memang penyakit yang paling banyak dialami baik kalangan orang dewasa maupun anak-anak. Kalau pada anak-anak biasanya amat sering terlihat gigi depan mereka yang greges. Terlihat hitam dan ompong. Kebanyakan pada anak-anak balita dan usia sekolah pada gigi susunya. Hal ini terjadi karena mereka banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Gula adalah musuh utama bagi gigi.

Kebiasaan balita adalah minum susu botol dengan tambahan gula. Tidak sedikit balita yang membawa botol susu mereka seharian. Meminumnya sepanjang hari dan lebih parahnya lagi sampai mereka tidur terus dibawa dan dikonsumsi tanpa henti. Sementara gigi mereka luput dari pembersihan berkala. Tentunya karena seusia mereka sangat sulit mengajak mereka untuk disiplin menggosok gigi. Walaupun boleh dibilang memiliki orang tua yang rajin merawat anaknya namun di sini dibutuhkan juga keahlian untuk membujuk anak membersihkan gigi.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Ditambah lagi  pemakluman dan pikiran yang menyatakan bahwa tidak apa-apa kalau pun gigi rusak, toh nanti gigi mereka juga akan tanggal dan tumbuh gigi baru. Padahal justru sejak kecil itulah mulai dibiasakan merawat gigi agar kelak saat dewasa, mereka akan peduli pada kesehatan gigi. Bila sejak kecil sudah terbiasa mengkonsumsi makanan manis dan merawat gigi sekenanya saja, maka dikhawatirkan kebiasaan itu akan menjadi kebiasaan di kemudian hari. Tentu saja itu bukan hal yang diharapkan oleh orang tua. Siapa juga yang mau bila di masa mereka dewasa mereka sangat tergantung obat sakit gigi apotek karena permasalah gigi berulang?

Mengapa orang bisa menderita sakit gigi?

Kebanyakan orang awam hanya tahu bahwa sakit gigi disebabkan oleh gigi yang berlubang disebabkan oleh kurang telatennya merawat gigi, malas sikat gigi, gaya hidup yang tidak sehat yaitu banyak mengkonsumsi gula. Seperti yang banyak diduga oleh orang awam, gula itulah yang menyebabkan kerusakan gigi mereka. Namun sesungguhnya ada beberapa penyebab sakit gigi yang paling serting dialami:

Karies pada gigi

Karies gigi adalah gigi berlubang terjadi karena jaringan gigi mengalami kerusakan disebabkan oleh siklus remineralisasi dan demineralisasi yang tidak seimbang. Kasusnya adalah terjadinya proses demineralisasi yang berkelanjutan. Efeknya enamel gigi akan terkikis, kemudian lapisan di bawah enamel yaitu dentin akan ikut rusak. Pada akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Ada empat faktor utama penyebab karies yaitu bentuk gigi, mengkonsumsi minuman juga makanan manzs yang berlebihan, adanya bakteri serta plak pada gigi. Obat sakit gigi apotek mungkin hanya dapat meredakan sakit sementara.

Permasalahan pada gusi, kurang kalsium, dan gigi sensitif

Masalah pada gusz tidak bisa dianggap sepele. Awalnya mungkin plak yang menumpuk menyebabkan radang gusi ringan, namun bila diabaikan akan terjadi radang gusi yang lebih parah. Jaringan pendukung gigi bisa rusak dan dapat menyebabkan gigi tanggal. Sedangkan gigi sensitif bisa terjadi disebabkan oleh menurunnya garis gusi hingga akar gigi terlihat, bisa juga disebabkan oleh enamel gigi yang makin menipis.

Kekurangan kalsium dan lepasnya tambalan gigi

Tubuh manusia membutuhkan kalsium dalam jumlah tertentu dan bila tidak terpenuhi maka kalsium akan diambil dari cadangan tulang dan gigi, akibatnya gigi dapat keropos. Permasalahan selanjutnya adalah lepasnya tambalan gigi. Lubang pada gigi yang dulu tertutup tambalan kembali terbuka akibatnya sisa-sisa makanan akan menyelinap ke dalam lubang tersebut. Bakteri pun dapat masuk sehingga menimbulkan rasa nyeri. Orang seringkali membeli obat sakit gigi apotek untuk mengatasi rasa nyeri ini.

Beberapa hal di atas merupakan hal-hal umum yang menyebabkan sakit gigi, namun untuk pastinya hanya dokter yang benar-benar paham penyebab sakit gigi yang diderita. Tidak ada acuan khusus bahwa sakit gigi ini akan sembuh dalam kurun waktu tertentu. Kondisi kesehatan penderita serta keadaan lainnya seperti usia, sensitifitas terhadap makanan atau minuman dan lain sebaginya berbeda pada setiap pasien.

Selanjutnya akan disebutkan beberapa obat sakit gigi apotek yang paling banyak dikonsumsi oleh para penderita sakit gigi. Obat-obat ini relatif mudah didapatkan di apotek sekitar rumah. Sayangnya, obat-obat seperti ini hanya dapat membasmi gejala yang diderita tanpa efek lanjutan yaitu menyembuhkan penyebab sakit gigi itu sendiri.

Berikut Obat Sakit Gigi Apotek yang paling sering diresepkan dokter karena terbilang ampuh

 Paracetamol

Paracetamol lebih banyak dikenal masyarakat sebagai obat untuk menurunkan demam. Sebenarnya bisa juga dijadikan alternatif sebagai obat sakit gigi. Obat ini sangat mudah didapatkan. Sisi baiknya paracetamol yang juga cukup dikenal sebagai acetaminophen aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jadi tidak perlu khawatir jika memberikannya pada anak-anak.

Di apotek sendiri biasanya tersedia paracetamol khusus anak dan umumnya paracetamol untuk anak berbentuk cair dengan rasa buah yang manis. Perhatikan selalu dosis obat sakit gigi apotek untuk dewasa dan anak-anak. Fungsinya selain menurunkan demam adalah meredakan sakit kepala serta rasa nyeri yang sering muncul pada mereka yang mengalami sakit gigi.

Ibuprofen.

Ibuprofen merupakan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS), obat ini cukup efektif mengatasi atau mengurangi nyeri pada sakit gigi. Cara kerja Ibuprofen adalah menghambat iat-iat yang dikeluarkan secara alami oleh tubuh sebagai pemicu rasa sakit dan menyebabkan peradangan. Obat ini dapat juga menyebabkan efek samping dari yang ringan sampai yang berat.

Tidak berbeda dengan obat sakit gigi apotek lainnya, bila muncul gejala efek samping yang ringan, tidak perlu khawatir. Namun jika timbul gejala efek samping yang berat seperti sesak nafas, nyeri dada, bagian putih mata dan kulit menjadi kuning, pastikan agar segera menghentikan penggunaan obat dan segera kunjungi dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Naproxen

Naproxen juga termasuk obat OAINS. Cara kerjanya adalah senyawa prostaglandin dihambat produksinya sehingga rasa sakit dapat dihentikan. Efek samping yang timbul beberapa di antarnya adalah sembelit, sakit perut, kulit gatal-gatal juga memerah, diare, sampai penglihatan kabur. Jangan pernah menganggap enteng gejala-gejala efek saming yang timbul. Jangan ragu untuk konsultasikan kepada dokter.

Itulah beberapa obat sakit gigi apotek yang paling manjur mengatasi nyeri pada gigi. Untuk lebih meredakan rasa sakitnya bisa ditempuh cara-cara yang cukup mudah di antaranya adalah tidak memakan makanan yang keras, panas, atau dingin. Lalu kompres bagian yang sakit dengan es batu. Kumur dengan obat kumur. Letakkan bantal lebih tinggi dari kepala sehingga aliran darah lancar dan tidak berkumpul di kepala sehingga dapat mengakibatkan nyeri yang lebih hebat.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini.

Ingatlah untuk selalu membangun kesadaran bahwa mengunjungi dokter untuk melakukan perawatan merupakan langkah terbaik. Jangan malas untuk melakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali. Karena sebaik-baik obat adalah usaha kita untuk mencegah terjadinya penyakit. Tanamkan juga kesadaran ini pada keluarga dan anak-anak agar mereka mengerti bahwa gigi merupakan bagian yang sangat penting dari tubuh dan harus dijaga serta dirawat kesehatannya.

Obat sakit gigi apotek yang dijual bebas pada dasarnya hanyalah obat yang mampu meredakan nyeri sementara. Bila selanjutnya tidak ditangani maka akan muncul masalah tersebut berulang-ulang. Tentu kita tidak mau hal itu terjadi pada kita kan. Nah mulai sekarang usahakan untuk selalu merawat gigi dan jangan lupa libatkan dokter agar kesehatan gigi kita lebih terjaga. Gigi sehat tubuh pun kuat. Aktifitas tak terganggu.

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyakit pada hati

Kenali 6 Penyakit pada Hati yang Patut Diwaspadai

Sumbersehat.com – Penyakit pada hati harus di deteksi sejak dini karena hati atau lever termasuk organ tubuh manusia yang paling penting. Hati bertugas untuk membersihkan darah, menyimpan nutrisi, hingga membantu proses pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.