5 Macam Obat Sakit Gigi Apotek Yang Dapat Dibeli  Tanpa Menggunakan Resep Dokter

5 Macam Obat Sakit Gigi Apotek Yang Dapat Dibeli Tanpa Menggunakan Resep Dokter. Dewasa ini bnayak memang sebagian orang yang mengabaikan kesehatan gigi. Namun siapa sangka jika kesehatan gigi ini sebenarnya sangat penting bagi Anda. Bayangkan jika Anda sudah mempunyai riwayat sakit gigi dan tiba tiba gigi Anda mengalami kambuh sakitnya dan terjadi di momen dengan situasi yang tidak Anda inginkan, misalnya pada saat anda bekerja tentunya ini akan membuat anda merasa tidak nyaman dan bahkan akan mengganggu pekerjaan yang Anda lakukan.

Apabila Anda sudah mempunyai riwayat sakit gigi yang menyiksa ada baiknya Anda mulai dari sekarang lebih rajin untuk merawat kesehataan gigi. Karena kesehatan gigi juga akan mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Dengan rutin melakukan sikat gigi saja ini dirasa kurang mampu mengobati atau menjadi terapi bagi Anda yang telah mempunyai riwayat sakit gigi. Anda juga sangat perlu mengenal beberapa obat pereda nyeri yang bisa dibawa kemanapun untuk mencegah sakit gigi jika kumat kembali.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Rekomendasi Obat sakit Gigi Apotek Yang Tersedia Tanpa Resep Dokter

Banyak memang obat yang tersedia di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter, namun Anda juga harus jeli dalam pengunaan dan pembelian obat ini. Banyak obat sakit gigi apotek yang beraneka macam baik herbal maupun obat buatan pabrik atau obat kimia yang dapat Anda beli sesuai kebutuhan. Tidak semua obat sakit gigi ini berupa tablet yang harus diminum, ada juga obat sakit gigi yang berbentuk tetes atau cair. Banyak obat sakit gigi macam dan bentuknya tergantung dengan kebutuhan dan keinginan Anda, coba simak ulasanya beberapa obat yang dapat anda beli tanpa menggunakan resep dokter.

Naproxen

Naproxen merupakan obat sakit gigi yang dapat Anda beli di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Namun Anda tetap harus berhati-hati jika menggunakan obat kimia, ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter dalam mengkonsumsi atau penggunan obat ini. Naproxen juga dipercaya sangat ampuh untuk mengobati peradangan dan nyeri yang disebabkan pembengkakan, bakteri maupun jmaur yang ada di gigi.

Ada beberapa efek samping jika obat ini digunakan secara terus menerus dan jangka waktu yang Panjang. Adapun efek samping obat ini adalah diare, perut kembung, perut mulas, dan gangguan penglihatan. Ini  kenapa dalam penggunaan obat sakit gigi apotek ini Anda harus mengkonsultasikan kepada dokter jika ingin mengkonsumsi dalam jangka panjang. Meski obat ini dapat Anda beli tanpa resep dokter, ada baiknya jika sakit gigi tidak kunjung membaik bisa mengkonsultasikannya dengan dokter.

Acetaminophen

Obat sakit gigi lain yang tersedia diapotek yang dirasa sangat efektif dan ampuh mengatasi nyeri pada gigi Anda adalah acetaminophen. Selain sebagai penghilang rasa nyeri pada sakit gigi, obat ini juga bisa digunakan untuk sakit nyeri yang lain. Sakit nyeri lain yang dapat diatasi menggunakan obat ini adalah seperti nyeri sakit kepala, nyeri ringan, serta demam. Obat ini merupakan obat analgesic yang sangat popular digunakan untuk mengobati nyeri.

Obat ini berbentuk tablet dan merupakan obat sakit gigi apotek oral yang diminum. Harga dari obat ini sangat terjangku yaitu antara Rp.15.000 sampai dengan Rp. 25.000 per sepuluh tabletnya. Dan obat ini sebagian besar digunakan untuk analgesic dan flu baik yang menggunakan resep dokter maupun dibeli sendiri.

Asam Mefenamat

Asam mefenamat adalah obat yang berfungsi untuk meredakan nyeri dan peradangan. Obat pereda nyeri ini juga sangat dikenal oleh sebagian besar orang, selain obat ini mampu digunakan untuk meredakan peadangan dan nyeri pada gigi obat ini juga sangat berkhasiat untuk meredakan nyeri yang lain seperti sakit kepala dan nyeri haid. Obat ini sangat terkenal dikalangan beberapa orang, tak jarang obat ini menjadi andalan beberapa orang selain praktis dibawa keman-mana obat ini juga terbilang sangat murah harganya dan dapat dijangkau oleh semua  kalangan.

Namun meskipun obat asam mefenamat ini dapat Anda dapatkan dan konsumsi tanpa resep dokter namun anda harus ingat obat sakit gigi apotek ini juga tidak baik digunakan dalam jangka waktu Panjang, hingga 7 hari berturut-turut misalnya. Mungkin untuk hanya meredakan obat ini cocok untuk dikonsumsi namun tidak ada salahnya jika dalam 3 hari sakit anda tidak mengalami kondisi yang semakin membaik sebaiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda pada dokter.

Anbesol dan Orajel

Anbesol dan Orajel adalah obat anestesi topical obat ini mempuyai 3 bentuk yaitu salep , semprot atau berbentuk cair. Obat ini hanya meredakan pada sakit bagian permukaan luar saja. Jika Anda mengalami infeksi bakteri atau jamur hendaknya segera memeriksakan pada dokter yang lebih ahli. Ini untuk menghindari sakit yang Anda derita tidak semakin parah dan bisa mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan. Cara memakai obat ini juga sangat mudah yaitu hanya dengan dioleskan pada permukaan yang sakit, atau obat dalam bentuk cair dapat disemprotkan pada bagian yang sakit.

Anbesol dan Orajel ini juga tidak cocok digunakan untuk anak-anak. Memang obat sakit gigi apotek ini berfungsi untuk menghilangkan sakit di sekitar mulut namun, jika digunakan pada dosisi yang sembarangan dan pada peruntukan yang tidak tepat juga akan menyebabkan efek samping berbahaya. Ada baiknya memang Anda tetap berkonsultasi dengan dokter gigi yang lebih tahu tentang kondisi kesahatan dan mengerti untuk penggunaan obat-obatan ini.

Minyak Cengkeh

Minyak cengekeh merupakan obat sakit gigi apotek yang tergolong dalam obat herbal. Namun, siapa sangka jika minyak cengkeh ini sudah banyak yang memproduksi dan dijual banyak di toko-toko obat. Ini memudahkan Anda untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat pereda nyeri pada gigi Anda. Minyak cengkeh ini mengandung eugenol  yang dipercaya merupakan anestesi alami. Minyak cengkeh juga aman digunakan untuk ibu hamil karena biasanya minyak cengkeh ini juga dapat digunakan untuk campuran makanan.

Simak juga artikel menarik lainnya disini.

Cara .penggunaan minyak cengkeh ini juga cukup mudah yaitu hanya dengan meneteskannya pada kapas kemudian Anda dapat menempelkan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit atau bagian gusi yang mengalami peradangan akibat bakteri dan jamur.  Minya cengkeh ini kini juga merupakan obat sakit gigi yang bisa ditemukan di apotek karena beberapa merek minyak cengkeh memang sudah dijual di apotek.

Obat sakit gigi apotek memang banyak yang dapat Anda beli tanpa menggunakan resep dokter, namun perlu diingat ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah kesehatan gigi. Penggunaan obat untuk sementara sekali dua kali masih disarankan tetapi jika nyeri sakit gigi Anda derita jika dalam waktu 3 hari berturut-turut tidak mengalami perubahan maka wajib berkonsulatasi dengan dokter.

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *