Inilah 2 Faktor Gaya Hidup Sehat Remaja

Inilah 2 Faktor Gaya Hidup Sehat Remaja. Pergaulan remaja dalam interaksi dengan sesamanya harus dikontrol dan dibatasi supaya tidak terlalu bebas. Peran orang tua bersifat penting dalam mengendalikan perilaku putra – putrinya sehinga berjalan terarah dan lurus. Meskipun orang tua mengalami padatnya aktifitas tapi tidak boleh membiarkan pengawasan menjadi lemah. Di sinilah peran orang tua membentuk karakter remaja menjadi pribadi positif.

Membentuk karakter remaja memang tidak mudah, membutuhkan proses waktu yang tidak sedikit. Karakter dan gaya hidup para remaja banyak dipengaruhi didikan orang tua sendiri, pergaulan, dan lingkungan sekitarnya. Para remaja harus bisa mengambil sikap positif dan membuang sikap negatif dalam pertemanan dan persahabatan. Harus diakui tanpa perhatian orang tua yang terukur, maka perilaku anak menjadi tidak terkontrol dengan baik.

gaya hidup sehat remaja
gaya hidup sehat remaja

FaktorFaktor Positif Gaya Hidup Sehat Remaja

Gaya hidup remaja sebagai generasi penerus bangsa harus mengedepankan kepedulian dan pergaulan yang sehat. Tak perlu pintar dalam mengikuti perubahan, yang diperlukan adalah cermat dan cerdas. Para remaja hendaknya berpatokan pada budaya keluarga yang diajarkan di rumah, jauhkan diri dari budaya asing yang belum tentu diakui keberadaannya. gaya hidup sehat remaja harus diajarkan para orang tua supaya mengalir ke output yang sehat.

Keliru dalam pergaulan, keliru dalam meraih masa depan. Inilah slogan yang dicanangkan para orang tua. Maksudnya adalah baik buruknya pertemanan dan persahabatan menentukan seseorang atau individu kelak menjadi apa. Dari pertemanan dan persahabatan, bisa menjadi berpacaran yang sehat dan dinamis tapi sisi lain pertemanan dan persahabatan, bisa menjadi pergaulan yang buruk dan statis.

Selalu berdoa dalam setiap aktivitas

Berdoa atau sembahyang merupakan cara utama para remaja mendekatkan diri kepada Tuhan. Mintalah petunjuk atau pertolongan-Nya supaya segala langkah dituntun dan diarahkan ke jalan lurus. Mengawali kehidupan para remaja, tidak sedikit godaan datang bukan hanya aspek pergaulan tapi lingkungan sekitar, televisi, majalah, dan lain-lain. gaya hidup sehat remaja harus menjadi prioritas utama dalam setiap aspek kehidupannya.

Mintakan kepada-Nya kebijakan dan kebijaksanaan supaya tidak salah melangkah. Berpikir bijaksana bukan berarti semua perspektif harus hati-hati melainkan meminta kepada-Nya untuk membentuk diri sesuai dengan kehendak-Nya. Berpikir bijaksana juga mengajarkan semua langkah sebaiknya dipikirkan dahulu sebelum menentukan tindakan selanjutnya. Hindari melakukan tindakan secara nekad karna hasilnya adalah buruk dan tidak maksimal.

Berpikir Cerdas dan Cermat

Mengambil hikmat positif dan membuang hikmat negatif. Bentuk inilah yang harus dikedepankan para remaja dengan berpikir cerdas dan cermat. Tidak perlu emosi dalam menentukan tindakan, tak perlu egois dalam mengambil sikap, dan tak perlu terburu – buru dalam berpikir. Berpikir cerdas dan cermat dengan menganalisa suatu masalah tertentu harus dijadikan gaya hidup sehat remaja supaya segala langkah berjalan sesuai koridornya.

Konsep Tidak perlu emosi dalam menentukan tindakan, tak perlu egois dalam mengambil sikap, dan tak perlu terburu – buru dalam berpikir harus diajarkan para orang tua terhadap para remaja karna usia remaja merupakan kelompok usia yang mencari identitas diri. Usia mencari jati diri pada tingkat remaja diawali usia 12 tahun sampai dengan usia 18 tahun ke atas, pasca itu mulai memasuki masa dewasa sampai seterusnya.

Mengikuti Nasihat dan Pengalaman Orang Tua

Para Orang tua merupakan wakil Tuhan di muka bumi khususnnya buat para remaja. Para remaja memang bukan robot dan berkehendak bebas, tapi apabila dilakukan tanpa kontrol dan nasihat orang tua bisa berakibat fatal. Nasihat dan pengalaman orang tua amat sangat dibutuhkan dalam membimbing dan menentukan kehidupan putra-putrinya selanjutnya. mengikuti nasihat dan pengalaman orang tua merupakan gaya hidup sehat remaja.

Pengalaman orang tua sebagai pribadi yang lahir lebih dahulu dan sudah mengalami sebelumnya bisa dibagikan kepada putra-putrinya untuk memperkaya pengalamannya. Nasihat merupakan petuah yang mengandung kebenaran lebih dari 90%. Nasihat merupakan cara pandang orang tua melihat jauh ke depan, sementara pengalaman adalah bentuk aktifitas yang pernah dialami para orang tua sebelumnya.

Faktor-Faktor Negatif Gaya Hidup Sehat Remaja

Faktor negatif ini harus dihindari karena tidak maksimal dan merugikan. Banyak remaja putra putri yang terpengaruh dan jatuh ke dalam pergaulan bebas yang buruk. Pergaulan bebas bukan hanya seks bebas saja tapi mengidap narkoba, balapan liar, begal, dan kriminal ringan lainnya. Perilaku dan gaya hidup yang tidak lurus dan tidak terarah bukanlah produk gaya hidup sehat remaja. Gaya hidup negatif bukanlah trend positif melainkan kesirnaan.

Kenakalan remaja pasti selalu ada selamanya, tapi menyikapinya supaya tidak mengalir ke output buruk harus dikedepankan supaya tidak memperparah keadaan. Peran orang tua dan guru untuk selalu menanamkan pendidikan agama dan pendidikan karakter. Para anak remaja selalu punya jawaban atas kasus-kasus tertentu dengan para orang tua. Meskipun begitu, para remaja juga tidak boleh bertikai atau berselisih paham dengan para orang tua.

Tidak Pernah Sembahyang

Tidak pernah atau jarang berdoa / sembahyang kepada Tuhan sama seperti hidup tanpa ada tuntunan Yang maha Kuasa. Mengandalkan pikiran dan kekuatan sendiri dalam tingkah laku para remaja tidaklah sempurna tanpa ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Gaya hidup sehat remaja tidak terjadi secara positif melainkan gaya hidup remaja yang sebebasnya.

Manusia tidak bisa hidup hanya makanan saja tapi juga harus hidup dengan nilai-nilai agama yang ditanamkan. Setidaknya para remaja tidak boleh meninggalkan doa atau sembahyang dalam kehidupan harian. Tidak berdoa kepadaNYA berpotensi lebih banyak mendengar hasutan temannya yang belum tentu benar. Dengan sembahyang, maka jalan lurus akan diarahkan secara sehat dan positif.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Mudah Terpengaruh

Dalam pergaulan dengan sesama remaja, secara normatif terjadi saling mempengaruhi antara remaja dengan remaja lainnya. Masalahnya : (1) bagaimana menyikapi pergaulan tersebut dan (2) pergaulan remaja yang bersangkutan bersifat dipengaruhi atau mempengaruhi. Gaya hidup sehat remaja hadir untuk memberikan solusi supaya para remaja putra – putri memiliki pertimbangan dan pemikiran yang seyogyanya dianalisis.

Dinamika yang terjadi, tidak terbawa arus dibilang cengeng, penakut, tidak kawan, dan seterusnya tapi sisi lain mengikuti arus menjadi output yang negatif, pergaulan bebas, balapan liar, begal, dan kriminal ringan lainnya. Perlu ditanamkan kepada para remaja bahwa hidup ini adalah proses yang bisa mengalir ke air yang bersih atau mengalir ke air yang kotor. Pilihan ada di tangan remaja tapi sebaiknya diarahkan sehingga menjadi suatu kebanggan.

Ulasan sederhana artikel ini masih jauh dari kata sempurna, penulis berharap gaya hidup sehat remaja bisa memberi faedah yang tidak sedikit dan menyumbangkan kontribusi positif demi kemajuan para remaja sebagai generasi penerus bangsa. Slogan penulis supaya hidup harus mengalir ke air yang bersih dan sehat. Salam Literasi.

About Ibnu Khamill

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *