15 Obat Sakit Gigi Alami yang Sudah Terbukti Ampuh

By

15 Obat Sakit Gigi Alami yang Sudah Terbukti Ampuh. Pepatah mengatakan bahwa sakit gigi lebih sakit dari pada ketika kita mengalami sakit hati. Bagi penderita sakit gigi akan merasa keseharian seperti orang yang begitu susah, sakit gigi akan mengurangi nafsu makan kita. Yang sehingga secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan kita karena kurang makan.

Semua aktivitas terasa susah dilakukan jika kita mengalami sakit gigi. Sakit gigi menurunkan mood kit a untuk beraktivitas. Kalau orang yang tidak kuat pasti akan menangis dikarenakan rasa nyeri yang begitu sakit yang diakibatkan oleh sakit gigi. Banyak alasan yang menyebabkan kita mengalami sakit gigi, mulai dari gigi berlubang, gigi busuk, dan sebagainya.

Obat Sakit Gigi yang Perlu Kamu Gunakan

Tapi gejala umum penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang. Bisa juga diakibatkan oleh gigi yang hendak tanggal, yang terjadi pada anak-anak dimana dia mengalami perubahan dari gigi susu ke gigi dewasa. Gejala gigi berlubang dapat terjadi pada siapapun baik itu anak-anak, dewasa, laki-laki ataupun perempuan. Maka dari itu kami akan merekomendasikan beberapa obat sakit gigi alami yang dapat kalian gunakan, berikut ulasannya:

obat sakit gigi
obat sakit gigi

Garam

Garam tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan, namun juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Zat sodium pada garam yang begitu tinggi membantu membasmi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Kamu cukup menggunakan air hangat yang dicampurkan garam lalu gunakan kumur-kumur. Lakukan hal ini secara rutin agar rasa sakitnya hilang.

Lemon

Asam yang terdapat pada lemon memiliki fungsi sebagai alkali alami yang dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk obat sakit gigi. Selain kandungan alkali alami, di dalam lemon jga terdapat antibakteri yang akan sangat berfungsi menghancurkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga memiliki zat antibakteri yang dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat yaitu peras 2 buah jeruk nipis, yang kemudian dicampur dengan air hangat, aduk sebentar hingga benar-benar tercampur. Kemudian pergunakanlah untuk berkumur. Ulangi hal ini secara rutin setiap hari, bisa dilakukan 2-3 kali per hari.

Belimbing wuluh

Belimbung wuluh memiliki rasa asam yang dapat digunakan sebagai antibakteri pengusir bakteri jahat yang menyebabkan sakit gigi. Tak hanya untuk obat sakit gigi, belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan bagian mulut lainnya. Untuk menggunakan belimbing wuluh sebaai obat sakit gigi simpel saja. Pertama tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang, yang kemudian tumbukan tersebut dioleskan pada bagian yang terasa sakit.

Daun Jambu Biji

Ternyata tanaman jambu tidak hanya bermanfaat untuk diambil buahnya saja. Daunnya juga sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit gigi. Kandungan dalam daun jambu biji terdiri dari antibakteri, analgesi, antiflamasi yang begitu tinggi. Kandungan tersebutlah yang dapat membantu penyembuhan rasa nyeri akibat sakit gigi. Rebuslah daun jambu biji, kemudian gunakan air rebusan untuk berkumur.

Daun sirih

Kalau daun yang satu ini memang dikenal untuk obat sakit gigi. Sejak zaman nenek moyang penggunannya sudah dimulai dan memang betul-betul mujara. Kalian pasti kan melihat orang tua atau nenek kalian mengunyah daun sirih. Kamu bisa langsung mengunyahnya juga atau direbus dulu yang kemudian airnya kamu gunakan untuk berkumur.

Bawang merah

Bumbu dapur satu ini tidak boleh diremehkan dalam hal pengobatan sakit gigi. Di dalam bawang merah terdapat antiseptik alami yang begitu fektif untuk membasmi kuman-kuman jahat. Penggunaannya dengan cara menumbuk halus 1 siung bawang merah yang dicampur dengan seperempat sdt garam. Hasil tumbukan bawang merah kemudian kamu tempelkan pada bagian gig yang sakit.

Bawang Putih

Sama dengan bawang merah, bawang putih juga memiliki antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Penggunaannya sebagai obat sakit gigi juga sama seperti bawang merah. Pertama tumbuk dan haluskan 1 siung bawang putih yang ditambahkan seperempat sdt garam lalu oleskan atau bisa juga ditempelkan pada  bagian gigi yang terasa sakit.

Asam jawa

Asam jawa banyak juga digunakan sebagai sarana alternatif penyembuhan berbagai  penyakit. Termasuk juga sakit gigi, dapat disembuhkan dengan menggunakan asam jawa. Di dalam asam jawa terdapat antibakteri yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Penggunannya sangat mudah, sangari beberapa biji asam jawa, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, kamu jangan salah, cengkeh ini dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Caranya adalah tumbuk halus cengkeh yang kemudian hasil tumbukan cengkeh tersebut ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Ulangi langkah-langkah ini hingga kamu sembuh.

Merica

Dalam sebuah penelitian merica ternyata banyak mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Sehingga sangat cocok untuk mengurangi dan mengobati rasa nyeri akibat sakit gigi. Cara penggunaanya sangat mudah. Cukup campurkan merica dan garam, kemudian tambahkan air sehingga akan berbentuk seperti pasta, setelah itu pasta tersebut oleskan pada area gigi yang kesakitan.

Serai

Banyak manfaat dari serai, diantaranya untuk menjaga kesehatan bagian rongga mulut. Utamanya untuk obat sakit gigi secara alami. Selain untuk menyembuhkan sakit gigi, serai juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembengkakan gusi. Rebus 2 tangkai seras, setelah selesai merebus lalu tuangkan airnya pada gelas, gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur.

Jahe

Jahe banyak digunakan sebagai bahan untuk jamu. Kandungan di dalam jahe sangatlah bagus bagi kesehatan tubuh. Salah satu kandungannya yaitu antibakteri, yang sangat dibutuhkan untuk membasmi bakteri jahat yang ada di mulut. Caranya demham memarut 1 jahe saja,  setelah halus peraslah airnya gunakan air jahe ini untuk berkumur-kumur.

Getah Jarak

Kandungan di dalam getah jarak dapat dimanfaatkan sebagi obat sakit gigi alami. Antiseptik, antibakteri, dan antibiotik yang bermasam pada getah jarak sangatlah tinggi kandungannya. Cara penggunannya cukup mudah sekali. Kamu hanya perlu mengusah getah jarak pada bagian gigi yang dirasa mengalami kesakitan.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Air kelapa

Air kelapa merupakan sebuah bagian dari pohon kelapa Setiap bagian dari tumbuhan kelapa dapat dimanfaatkan untuk hal positif. Air kelapa dapat digunakan sebagai antiseptik alami. Kamu cukup perlu berkumur dengan air kalapa langsung dari buahnya. Lebih baik juga kamu lakukan hal tersebut setelah selesai menyikat gigi.

Itulah obat sakit gigi alami yang kami rekomendasikan. Gimana sudah membaca semuanya? kami harap kalian membacanya dengan seksama. Jika sakit gigi terus berlanjut segera lakukan pemeriksaan ke dokter sepesialis gigi atau dokter gigi. Agar mendapat penanganan yang lebih professional dan ceat. Selamat mencoba yah!

Tinggalkan komentar