13 Manfaat Sayur dan Buah Yang Perlu Diketahui Untuk Kecantikan

13 Manfaat Sayur dan Buah Yang Perlu Diketahui Untuk Kecantikan – Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang punya banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk kecantikan. Dengan mengonsumsinya, Anda dapat mendapat keuntungan seperti kulit yang sehat, bersih, dan awet muda. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak beberapa informasi berikut:

Manfaat sayur dan buah
Manfaat sayur dan buah

Ketahui Manfaat Sayur dan Buah Bagi Kecantikan

Buah lemon yang kaya sumber vitamin C

Buah lemon memang diketahui sebagai buah yang kaya akan segudang manfaat. Salah satunya adalah sumber vitamin C. Vitamin C memiliki perannya yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit, seperti mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi contohnya adalah permasalahan kulit belang, atau bekas jerawat. Dengan mengonsumsi lemon atau menggunakan lemon sebagai campuran masker, tentunya akan sangat berkhasiat bagi kulit anda.

Buah kiwi yang dapat mencegah keriput

Manfaat sayur dan buah selanjutnya adalah berasal dari kiwi. Kiwi memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Oleh karena itu, kiwi diketahui dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah seperti keriput. Dengan mengonsumsi kiwi atau menggunakan kiwi sebagai bahan perawatan kulit, dapat melancarkan sintesis kolagen sehingga dapat terjaga kekenyalannya.

Timun yang menyegarkan kulit

Siapa yang tak kenal akan manfaat jenis sayur satu ini? Timun yang seringkali menjadi pendamping dalam lalapan ini ternyata memiliki khasiat dalam menjaga kecantikan. Kandungan kaya akan air didalamnya diketahui dapat menyegarkan kulit yang terlihat kusam. Efek menyegarkan inilah yang menjadikan timun seringkali dimanfaatkan sebagai penyegar dan penyamar pori-pori. Anda dapat mencobanya dengan mengiris timun untuk ditempelkan ke area wajah atau dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

Pisang yang kaya akan antioksidan

Jika membahas terkait manfaat sayur dan buah, anda tak boleh melewatkan khasiat dari buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang dapat anda manfaatkan untuk konsumsi diet sehari-hari. Pisang dapat juga digunakan sebagai pelembab alami kulit. Anda dapat meracik sendiri masker alami pisang dari campuran oatmeal dan madu. Gunakanlah secara rutin, maka permasalahan kulit kering pun dapat terhindarkan.

Apel, buah kaya akan vitamin

Apakah anda pernah mendengar pepatah bahwa dengan mengonsumsi apel setiap hari, maka akan semakin terhindar dari penyakit. Hal tersebut dapat dibenarkan karena apel merupakan jenis buah yang memiliki kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah vitamin C, serat, kalsium, potasium, vitamin A, magnesium, dan lain sebagainya. Vitamin-vitamin ini selain berguna bagi kesehatan tubuh tentunya juga berefek pada kecantikan. Tak ada salahnya jika anda mengonsumsi apel sebagai sumber asupan harian vitamin anda.

Stroberi, rahasia terlihat awet muda

Manfaat sayur dan buah berikutnya adalah stroberi. Jenis buah satu ini banyak digandrungi oleh wanita karena manfaatnya dalam mencegah penuaan. Tak diragukan lagi, kandungan ellagic acid pada buah stroberi diyakini dapat mempertahankan kadar kolagen dalam kulit. Kolagen inilah yang dapat membuat kulit terhindar dari keriput dan berbagai tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi stroberi bagi anda yag ingin menjaga kecantikan.

Semangka yang mampu mencegah terjadinya kerusakan kulit

Semangka adalah buah yang kaya akan air dan tentunya menyegarkan. Selain itu, semangka juga telah banyak dimanfaatkan pada berbagai produk kecantikan. Diketahui, semangka dapat mencegah kerusakan kulit seperti munculnya jerawat dan kulit yang berminyak. Berbagai kandungan seperti karoten, vitamin A, serat, vitamin B6, B1, C, dan lycopene sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tak ada salahnya bila menggunakan kosmetik atau perawatan berbahan semangka sebagai pilihan untuk pelembab atau masker.

Delima, buah yang berkhasiat untuk regenerasi kulit

Bagi anda yang seringkali beraktivitas diluar ruangan dan terpapar polusi serta sinar UV berlebih, ada baiknya manfaat sayur dan buah sebagai bahan perawatan kulit anda. Berbagai vitamin seperti folat, vitamin K, vitamin C, magnesium, dan kalsium diyakini dapat membantu kulit dalam proses regenerasi. Kulit yang memiliki regenerasi yang baik tentunya akan terhindar dari wajah yang kusam serta berbagai permasalahan lainnya. Anda dapat mengonsumsi delima secara langsung atau membuatnya menjagi bahan masker.

Pepaya, rahasia kulit yang cerah

Apakah anda sering menemukan sabun, lotion, atau lulur yang berbahan dasar pepaya? Hal tersebut dikarenakan jenis buah satu ini terkenal akan manfaatnya dalam mencerahkan kulit. Dalam pepaya terkandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, magnesium, dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit. Mengonsumsi pepaya secara rutin tentu dapat menyehatkan tubuh juga mempercantik diri. Pepaya juga dapat dikombinasikan sebagai smoothie untuk konsumsi diet anda.

Anggur, buah pencegah kanker kulit

Manfaat sayur dan buah selanjutnya adalah anggur. Anggur memiliki kandungan yang diketahui sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Diantaranya terdapat vitamin K, vitamin C, kalsium, potasium, folat, dan fosfor yang sangat baik untuk asupan nutrisi tubuh. Sealin itu, kandungan penting seperti resveratrol diyakini sangat berperan dalam pencegahan kanker kulit akibat paparan sinar UV. Maka dari itu, selain rasa anggur yang lezat, anda juga dapat mendapat berbagai keuntungan untuk kesehatan dan kecantikan.

 Mangga, buah lezat kaya akan manfaat

Apakah anda termasuk penggemar dari kelezatan buah satu ini? Mangga merupakan buah yang selain menawarkan kelezatan, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buah mangga diketahui berkhasiat bagi anda yang memiliki kulit kering. Anda dapat menemukan produk body butter berbahan dasar mangga yang patut untuk dicoba. Atau anda juga dapat meraciknya sendiri dengan bahan-bahan seperti madu, susu, dan oatmeal. Mengaplikasikannya secara rutin tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Simak artikel lainnya disini.

 Nanas, buah penyamar bekas luka

Anda tak boleh melewatkan manfaat sayur dan buah terutama nanas. Nanas, selain rasanya yang lezat dan segar, ternyata terdapat manfaat yang menggiurkan untuk kecantikan. Salah satunya adalah sebagai penyamar bekas luka. Didalam nanas terkandung enzim bromelain yang diketahui dapat menyamarkan bekas luka yang mengganggu. Tak hanya itu, pencegahan terhadap kanker dan inflamasi juga dapat diatasi.

Alpukat untuk menjaga elastisitas kulit

Buah alpukat selain terkenal akan manfaatnya bagi pejuang diet, ternyata juga sangat berperan untuk mempertahankan kecantikan. Terdapat kandungan seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan tentunya antioksidan yang tak boleh dilewatkan khasiatnya. Mengonsumsinya secara rutin tentu dapat menjaga kondisi kulit Anda yang menjadi awet muda dan elastis.

Itulah dia manfaat sayur dan buah bagi kecantikan yang perlu untuk diketahui. Berbagai buah dan sayur tersebut apabila dikonsumsi secara teratur tentu dapat memberikan efek yang sangat baik bagi tubuh. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika anda membiasakan untuk mengonsumsinya sehari-hari untuk pola hidup yang juga lebih sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *