13 Manfaat Sayur Bagi Tubuh, Seperti Lobak Si Putih Banyak Gizi

13 Manfaat Sayur Bagi Tubuh, Seperti Lobak Si Putih Banyak Gizi. Lobak merupakan jenis umbi-umbian yang sekilas sangat mirip dengan wortel, hanya saja warnanya putih. Jika ingin menikmatinya dalam bentuk jus, alangkah lebih baik jika ditambah dengan buah atau sayuran lain untuk mengurangi rasa pahit. Soal hasil tak perlu diragukan lagi, karena manfaat lobak bagi kesehatan sangatlah banyak. Apa sajakah itu?

manfaat sayur bagi tubuh
manfaat sayur bagi tubuh

Manfaat Sayur Bagi Tubuh Jenis Lobak

Di beberapa negara, sayuran yang satu ini sering digunakan sebagai bahan campuran di dalam sop. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menghadirkan lobak di dalam menu keluarga. Sebab, lobak putih banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Seperti fosfor, kalsium, natrium, zat besi, kalium, seng, tembaga, vitamin C, vitamin K, serta vitamin B kompleks. Sementara beberapa manfaatnya adalah :

Mengobati Demam dan Flu

Pada musim yang tidak menentu, demam dan flu acapkali menyerang anak-anak. Untuk menyembuhkannya, dapat mengambil manfaat sayur bagi tubuh, salah satunya yaitu lobak putih. Karena di dalam sayuran yang memiliki nama lain daikon ini, terdapat zat yang bersifat sebagai antibiotik alami. Zat ini sangat bagus untuk mengatasi baragam infeksi yang sering menyertai demam dan flu.

Mencegah Radang pada Tulang Rawan

Lobak putih kaya antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang sering menimbulkan gangguan kesehatan jenis osteoarthritis. Yaitu nyeri pada sendi akibat terjadinya inflamasi ringan yang muncul akibat gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun persendian. Biasanya, penyakit ini terjadi pada manula atau manusia lanjut usia. Namun, tidak ada salahnya melakukan pencegahan dengan rutin mengonsumsi lobak putih.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat sayur bagi tubuh jenis lobak selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Selain kaya akan vitamin C, lobak putih juga mengandung vitamin yang lainnya, seperti vitamin E, vitamin B, dan potasium. Semua vitamin itu memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, konsumsi lobak secara rutin.

Detoksifikasi Tubuh

Tubuh seringkali terpapar oleh zat-zat berbahaya, baik yang berasal dari polusi maupun makanan yang dikonsumsi. Zat-zat ini harus segera dikeluarkan, jangan sampai menumpuk, karena dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, lobak putih dapat dijadikan sebagai solusi. Pasalnya, kandungan vitamin dan mineral di dalam lobak terbukti ampuh untuk membuang racun dari dalam tubuh.

Melancarkan Saluran Cerna

Serat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pergerakan usus, agar dapat bekerja secara teratur. Selain itu, serat juga sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan, agar proses metabolisme berjalan dengan lebih baik. Untuk mendapatkan manfaat sayur bagi tubuh secara optimal, maka pilih sumber serat yang baik, seperti lobak. Dalam 100gram lobak putih, mengandung serat sebanyak 1,4 gram.

Menu Diet Sehat

Selain melancarkan pencernaan, serat juga dapat dimasukkan ke dalam daftar menu diet sehat. Sebab, serat dan kandungan air di dalam lobak dapat menambah massa dari tinja, membantu kelancaran dari proses pembuangan (buang air besar), serta memberikan efek kenyang yang lebih lama. Agar proses diet semakin maksimal, tambahkan jenis sayuran lain dan dukung dengan olahraga teratur.

Mengontrol Tekanan Darah

Potasium merupakan salah satu senyawa aktif yang termasuk pada daftar manfaat sayur bagi tubuh. Sebab, keberadaannya dibutuhkan tubuh untuk membantu mengontrol tekanan darah. Cara kerjanya yaitu dengan menjaga keseimbangan antara kadar kalium dan natrium yang ada pada tubuh. Sehingga lobak sangat direkomendasikan bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol merupakan salah satu pemicu timbulnya gangguan pada jantung. Sebab, kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulan lemak di dalam pembuluh darah, sehingga jantung menjadi kekurangan oksigen. Oleh karena itu, konsumsilah lobak secara rutin. Karena sayuran ini memiliki kemampuan untuk menyerap kolesterol jahat dan trigliserida, lalu membuangnya dari dalam tubuh.

Melindungi Organ Hati

Manfaat sayur bagi tubuh memang sungguh ajaib. Seperti lobak putih yang ternyata tidak hanya mampu menjaga kesehatan jantung saja, melainkan juga melindungi organ hati. Menurut hasil sebuah penelitian menunjukkan, bahwa lobak putih mengandung enzim istimewa yang memiliki sifat hepatoprotektif. Sifat inilah yang dipercaya mampu melindungi tubuh dari efek dari hepatotoksik. Yaitu kerusakan yang terjadi pada organ hati akibat dari adanya agen toktik jenis tertentu.

Aman untuk Penderita Diabetes

Lobak termasuk jenis sayuran dengan indeks glikemik yang cukup rendah, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab, semakin rendah indeks glikemik yang dimiliki, maka akan semakin rendah juga pengaruhnya terhadap kadar gula di dalam darah. Hal ini sudah dibuktikan oleh jurnal terbitan Nutrients, bahwa kandungan di dalam lobak putih ada yang bersifat antidiabetes.

Menekan Risiko Penyakit Kanker

Lobak putih merupakan jenis sayuran yang termasuk ke dalam kategori cruciferous, yang dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker. Sebab, lobak kaya akan senyawa bernama isothiocyanate, yakni sejenis antioksidan yang dapat membantu proses pembersihan tubuh dari zat-zat pemicu kanker dan tumor. Dengan tingginya kandungan gizi di dalam lobak putih, maka manfaat sayur bagi tubuh dapat terpenuhi.

Melawan Infeksi Jamur

Keberadaan jamur di dalam tubuh menyebabkan kepercayaan diri semakin menurun, karena seolah menjadi penanda bahwa orang tersebut tak becus untuk merawat diri. Padahal, jamur dapat menginfeksi siapa saja, tanpa diketahui secara pasti penyebabnya. Oleh karena itu, menjadikan lobak putih sebagai campuran memasak dapat menjadi solusi yang praktis. Pasalnya, sayuran ini memiliki sifat anti jamur yang dapat mengatasi berbagai macam jenis infeksi akibat jamur.

Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Tak hanya bagi kesehatan, manfaat sayur bagi tubuh juga merambah ke dunia kecantikan. Seperti lobak yang ternyata ampuh mengatasi kulit kering, kusam, bersisik, pecah-pecah, serta jerawat. Hal ini berkat kandungan vitamin yang cukup lengkap di dalam lobak, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, serta fosfor. Sementara kandungan airnya sangat bagus untuk menjaga kelembapan serta merehidrasi kulit wajah.

Selain dimasak atau dijus, lobak putih juga dapat dibuat menjadi masker wajah. Caranya yaitu

  • Potong lobak putih menjadi beberapa potongan
  • Tumbuk atau blender hingga benar-benar halus, masukkan ke dalam wadah
  • Tambahkan minyak zaitun dan madu secukupnya, dan aduk secara merata
  • Oleskan ke bagian wajah secara merata
  • Tunggu sekitar 15 sampai 20 menit, lalu basuh menggunakan air hangat

Perhatikan artikel lainnya disini.

Namun perlu diperhatikan, jangan tergiur untuk mengonsumsi lobak putih dalam jumlah banyak. Pasalnya, di balik segudang manfaat sayur bagi tubuh yang dimiliki, lobak juga dapat memicu efek samping, jika digunakan secara berlebihan. Seperti menimbulkan efek dermatitis atau gangguan pada kulit, berdampak buruk terhadap fungsi kelenjar tiroid, dan lain sebagainya.

Selain itu, lobak juga dapat menimbulkan kontraindikasi terhadap obat tekanan darah dan anti-migrain. Begitu juga dengan wanita hamil, ibu menyusui, serta pasien yang akan menjalankan operasi, tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Meski manfaat sayur bagi tubuh sangat banyak, tetapi penggunaan yang berlebihan tetap tidak baik. Semoga bermanfaat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *