12 Manfaat Sayur Sawi Pahit Mencegah penyakit Jantung

12 Manfaat Sayur Sawi Pahit Mencegah penyakit Jantung Jika Anda sangat gemar memakan sayur, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yanng namanya sawi pahit ini. Sawi pahit termasuk ke dalam salahh satu keluarga brassica atau sawi-sawian. Sayuran ini sudah tersebar ke seluruh dunia, terasuk di benua Asia.

Rasa sayur sawi yang berbeda dengan sayur sawi lainnya adalah sawi pahit memiliki sedikit rasa pahit. Dengan harga yang sangat terjangkau, kita dapat sangt mudah untuk menemukannya. Nah, jika Anda termasuk penggemar sawi pahit, maka Anda beruntung.

Sawi pahit ini sangat tinggi akan antioksidan yang tentunya sangat baik untuk tubuh. Sawi pahit ini juga merupakan sayuran yang tinggi serat, yang bisa untuk membantu proses pencernaan. Nah, untuk lebih mudah mendapatkan manfaat sayur sawi pahit ini dapat Anda olah menjadi masakan. Masakan yang biasanya diolah yaitu dengan cara ditumis, dikukus, digoreng, atau bahkan diasamkan.

manfaat sayur sawi pahit
manfaat sayur sawi pahit

Makanan sawi pahit ini bukan hanya bergizi, namun juga rendah akan kalori. Jika dibandingkan dengan sawi mentah, 140 gr sawi pahit matang memiliki kadar vitamin A, vitamin K dan tembaga yang juga jauh lebih tinggi. Tapi, lebih rendah vitamin C dan vitamin E dibanding sawi pahit mentah.

Sayur yang memiliki antioksidan tinggi ini, tentu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat sayur sawi pahit antara lain :

Sumber Vitamin dan Mineral

Sawi pahit adalah sayur yang kaya akan sumber vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan vitamin A pada sawi merupakan vitamin alami yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin C dan vitamin A juga dapat memperkuat imunitas tubuh dan indra penglihatan. Vitamin K juga dapat berfungsi menjaga kepadatan tulang dan mencegah kerusakan syaraf pada otak.

Sawi pahit juga sumber zat besi, Mg, Ca, Mn, folat, seng, K, selinium,  protein, dan serat makanan yang sangat baik  untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat sayur sawi pahit juga dapat menjaga perkembangan janin sehat.

Antioksidan yang Tinggi

Sawi pahit ini merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi dan antioksidan. Fitonutrien yang tinggi pada sawi pahit dapat meredakan stresoksidatif pada sel-sel dalam tubuh. Bahkan dapat mencegah munculnya penyakit serius diantaranya kanker payudara, kandung kemih, ovarium, prostat, dan juga paru-paru. Itulah mengapa tubuh kita sangat butuh banyak antioksidan.

Anti Inflamasi

Sawi pahit juga mapu mencegah peradangan kronis serta mengurangi resiko penyakit arthritis, karena sawi pahit ini memiliki sifat anti-inflamasi. Karena sawi pahit ini memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 tinggi yang dapat membuat sistem imun menjadi lebih kuat. Bukan hanya itu, manfaat sayur sawi pahit ini juga dapat mengurasi risiko terjadinya stroke karena kandungan dari isothiocyanate nya.

Mencegah Terjadinya Kanker

Sawi pahit ini merupakan sayur anti-karsinogenik. Yang dapat menurunkan resiko munculnya kanker pada tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineralnya yang sangat tinggi yang membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Melindungi Jantung

Para peneliti telah meneliti sawi pahit yang hasilnya sangat menakjubkan. Kandungan β+karoten yang ditemukan pada sawi pahit sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Lebih lanjutnya, manfaat sayur sawi pahit juga dapat mengurangi risiko jantung koroner hingga empat persen.

Nutrisi Kulit dan Rambut

Tentunya, memiliki kulit yang glowing dan rambut yang sehat adalah dambaan para wanita. Nah, sekarang kita tidak perlu ambil pusing karena skin care mahal, mulai sekarang makanlah sawi pahit. Memang rasanya sedikit pahit, namun kandungan yang terdapat pada sawi pahit sangat baik bagi kulit dan rambut.

Karena, penelitian  National Intitutes of Health Unites States menemukan kandungan yang terdapat pada sawi yaitu vitamin C nya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta rambut. Manfaat sayur sawi pahit pahit rebus, dapat memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C perempuan dewasa yakni 75 miligram.

Memberbaiki Mood

Bagi kamu yang mood nya tidak stabil jangan khawatir, jangan galau, jangan gundah. Kamu bisa kok dengan mengkonsumsi sawi pahit yang kaya banget akan kolin. Penelitian mengungkapkan bila mengkonsumsi 3 porsi sayuran hijau dapat memperbaiki mental hingga 40 persen. Nah, dengan begitu pergerakan otot dan mood akan membaik.

Mengurangi Kram saat PMS

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, bahwa vitamin K juga dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel yang melapisi pembuluh darah. Nah, maka dari itu vitamin K yang ada pada manfaat sayur sawi pahit ini juga dapat mengurangi kram perut saat menstruasi.

Mencegah Kolesterol

Jika kadar kolesterol dalam tubuh sangat tinggi, maka risiko terjadinya penyakit jantung juga sangat tinggi. Dan lagi kolesterol ini juga sering menumpuk didalam pembuluh darah sehinga menyebabkan penyempitan di arteri. Sehingga, mengganggu jalannya peredaran darah menuju jantung.

Bila kita rutin untuk mengkonsumsi sayuran hijau, contohnya saya sawi pahit maka kita akan terhindar dari penyakit jantung. Karena sayuran hijau, kolesterol baik akan diubah menjadi asam empedu yang dimana akan dapat memecah lemak. Oleh karena itu, manfaat sayur sawi pahit dalam tubuh ini sangatlah banyak.

Untuk Mendetoks Tubuh

Pola makan yang tidak sehat, polusi yang tersebar di sekitar lingkungan, pastinya akan menyebabkan racun bagi tubuh kita. Oleh karena itu, sawi pahit ini sendiri dapat berperan sebagai detoksifikasi alami. Karena banyak mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan dikeluarkan melalui saluran pencernaan.

Turunan klorofil yang terdapat di dalam sawi pahit ini sangat bermanfaat untuk menetralkan logam berat dan bahan kimia yang ada di dalam tubuh. Yang membuat tubuh  menjadi lebih sehat dan terbebas dari racun, berkat manfaat sayur sawi pahit ini.

Sumber Fitokimia, Glukosinoat, dan Fenol

Sayuran yang berdaun hijau termasuk sawi pahit merupakan sumber fitonutrien. Dari kandungan ini, dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Glukosinoat dan fenol yang berlimpah pada sawi pahit juga akan memproduksi tubuh dari dalam.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan peradangan yang terjadi pada kulit dan membuat kulit tidak enak dipandang. Pertanda dari penyakit ini adalah terjadinya ruam merah pada kulit, kulit tebal, mudah terkelupas, dan kering. Dan juga kadang terasa nyeri dan gatal. Biasanya, psoriasis ini muncul disekitar lutut, siku, punggung bagian bawah, bahkan juga di kulit kepala. Manfaat sayur sawi pahit dinilai mampu berperan dalam memfasilitasi stimulasi enzim.

Bila kita dapat mengolah sawi pahit ini dengan benar, maka kita akan dapat merasakan nutrisi yang terkandung pada sawi pahit. Sawi pahit bisa diolah dengan cara memasaknya tidak terlalu matang. Bila memasaknya terlalu  matang, akan membuat kandungan yang ada pada sawi pahit akan hilang. Berikut manfaat sayur sawi pahit yang sudah kami rangkum, semoga bermanfaat dan tetap selalu jaga kesehatan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *