Wow! Ini 12 Jenis Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan Yang Jarang Diketahui Manfaatnya

Wow! Ini 12 Jenis Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan Yang Jarang Diketahui Manfaatnya. Tanaman herbal sudah dikenal sejak zaman nenek moyang yang memiliki banyak manfaat salah satunya manfaat dalam dunia kesehatan. Bahkan sebelum mengenal obat kedokteran para nenek moyang sudah menggunakan tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun sayangnya, sampai saat ini masih banyak tanaman herbal yang belum banyak diketahui manfaatnya oleh khalayak umum. Padahal tanaman tersebut sering ditanam di sekitar rumah.

Tanaman herbal merupakan tanaman yang memiliki zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit. Manfaat tanaman obat bisa berupa akar, batang, hingga daunnya. Satu jenis obat herbal mungkin memiliki khasiat yang berbeda-beda dalam mengobati berbagai macam penyakit. Obat herbal ini memiliki berbagai efek berbeda pula pada sistem metabolisme tubuh manusia. Seperti memberikan efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang. Untuk mengetahui tanaman herbal apa saja yang dapat digunakan sebagai obat tradisional, silakan simak tulisan dibawah!

Tanaman herbal dalam dunia kesehatan
Tanaman herbal dalam dunia kesehatan

12 Jenis Tanaman Herbal dalam Dunia Kesehatan

Kunyit

Tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang pertama adalah kunyit. Selain menyedapkan masakan, kunyit atau kunir merupakan rempah yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, jamu, hingga kecantikan. Manfaat kunyit bagi kesehatan berasal dari zat kurkumin yang terkandung di dalamnya. Dari sebagai obat antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker. Namun, kunyit juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab mengkonsumsi kunyit secara berlebihan dapat memicu kenaikan asam.

Jahe

Jahe merupakan obat tradisional yang sudah populer lantaran telah dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehatan. Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan  seperti mengatasi gangguan pencernaan, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis. Jahe pada dasarnya aman digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Namun, sebaiknya kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti IBS (irritable bowel syndrome), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung. Temulawak juga bisa dipakai sebagai penambah nafsu makan. Untuk meminum obat ini juga sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan berlebihan karena akan menyebabkan iritasi pada lambung, atau bahkan sampai muntah.

Sereh

Banyak yang belum tahu manfaat sereh untuk kesehatan. Daun sereh sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Baik tanaman maupun ekstraknya digunakan untuk menyedapkan masakan serta untuk tujuan pengobatan selama berabad abad. Ternyata, sereh memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Citral yang ada dalam sereh dapat membantu melawan sel kanker. Selain itu sereh juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatasi tekanan darah tinggi.

Pepaya

Tanaman herbal dalam dunia kesehatan selanjutnya adalah pepaya. Banyak yang belum tahu bahwa pepaya memiliki andil yang cukup besar dalam pengobatan. Selain dagingnya yang manis ternyata menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan. Yang familier adalah untuk kesehatan pencernaan. Sesungguhnya tidak hanya itu, melainkan masih banyak manfaatnya yaitu meningkatkan kesehatan jantung, mencegah peradangan, meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman hias yang sangat populer yang tak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan, melainkan juga kecantikan. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan bisa kita dapatkan dengan cara mengoleskannya ke kulit atau mengonsumsinya. Lidah buaya dapat menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati jerawat pada kulit.

Jeruk Nipis

Siapa yang tak kenal dengan buah hijau satu ini? Tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi airnya secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Pada dasarnya, jeruk nipis aman untuk dikonsumsi. Namun, asam yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan rasa perih. Khusus penderita Gerd sebaiknya gunakan secukupnya. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan asam lambung.

Kencur

Kencur merupakan lainnya yang digunakan sejak zaman dulu oleh nenek moyang kita. Kencur adalah rempah alami yang memiliki nama latin Kaempferia galanga atau kencur. Kencur masih satu rumpun dengan jahe sehingga banyak orang yang sulit  membedakannya. Selain bermafaat untuk pengobatan kencur juga memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita, serta mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

Pare

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang tumbuh di Indonesia. Sayuran ini berbentuk buah rasanya agak pahit. Pare juga tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang memiliki bermacam-macam manfaat khususnya untuk kesehatan. Namun, karena rasa pahitnya seringkali orang enggan untuk mengkonsumsinya. Beberapa menfaat pare untuk pengobatan yaitu  melancarkan pencernaan, menjaga berat badan, mengatasi diabetes, meningkatkan kesehatan mata, mengobati panas dalam, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah stroke dan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, membersihkan sirkulasi darah dan mencegah kanker.

Daun Kumis Kucing

Mungkin bagi kamu kumis kucing bukan tumbuhan asing lagi. Sebab tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias yang tumbuh dipekarangan rumah. Kumis kucing juga dapat digunakan sebagai salah satu obat herbal yang bisa ditanam di rumah. Daun kumis kucing terkenal ampuh untuk mengobati kencing batu dan melancarkan saluran kencing. Menurut sebuah penelitian pada tikus menyebutkan bahwa daun kumis kucing bersifat diuretik yang memicu peningkatan produksi urin. Selain itu, kumis kucing juga dapat memperlancar saat haid.

Simak artikel lainnya disini

Lempuyang

Lempuyang merupakan sejenis tumbuhan rempah yang umumnya tumbuh di daerah tropis. Lempuyang sudah terkenal sejak lama digunakan sebagai medium pengobatan tradisional. Manfaat lempuyang tak bisa lepas dari sejumlah zat yang dikandung oleh tanaman yang seringkali disebut ‘puyang’ tersebut. Tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang satu ini memiliki kandungan utama yaitu senyawa fenolik yang disebut berkhasiat besar. Beberapa manfaat lempuyang adalah untuk mengatasi infeksi, menurunkan kadar gula darah, meredakan kejang-kejang dan mengobati gatal-gatal akibat alergi.

Daun sirih

Daun sirih adalah tanaman herbal yang sudah dikenal sejak zaman dahulu mampu mengobati berbagai masalah kesehatan. Di dalam daun sirih mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B1, dan asam nikotinat. Antioksidan tannin yang terdapat dalam daun sirih juga dapat mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Beberapa penelitian menyimpulkan manfaat daun sirih untuk kesehatan, antara lain sebagai antidiabetes, antikanker, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung.

Nah, ternyata banyak sekali manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang tumbuh disekitar kita. Kita dapat memulainya sebagai pengobatan tradisional dengan memperhatikan cara mengkonsumsinya. Tentunya jangan sampai berlebihan. Namun, jika ingin memutuskan menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, perlu diketahui juga bahwa obat tanaman herbal tidak dapat menggantikan pengobatan medis dari dokter. Untuk itu, tetap konsultasikan terlebih dahulu sakit yang di derita agar tidak salah mengkonsumsi obat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *