11 Nutrisi dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

By

11 Nutrisi dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan – Tomat (Solanum lycopersicum) adalah buah dari famili nightshade yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun secara botani menjadi buah, umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.

Tomat adalah sumber makanan utama antioksidan lycopene, yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung dan kanker.Mereka juga merupakan sumber vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K.

Biasanya merah saat matang, tomat juga bisa datang dalam berbagai warna, termasuk kuning, oranye, hijau, dan ungu. Terlebih lagi, banyak subspesies tomat ada dengan bentuk dan rasa yang berbeda.

Kali ini Sumber Sehat memberikan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

Berikut 11 Rangkuman Nutrisi dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Nutrisi

Kadar air tomat sekitar 95%. 5% lainnya terutama terdiri dari karbohidrat dan serat. Berikut adalah nutrisi dalam tomat mentah (100 gram) kecil:

  • Kalori: 18
  • Air: 95%
  • Protein: 0,9 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Gula: 2,6 gram
  • Serat: 1,2 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat
  • Karbohidrat terdiri dari 4% tomat mentah, yang jumlahnya kurang dari 5 gram karbohidrat untuk spesimen sedang (123 gram).

Gula, seperti glukosa dan fruktosa, membentuk hampir 70% kandungan karbohidrat.

karbohidrat

Karbohidrat terdiri dari 4% tomat mentah, yang jumlahnya kurang dari 5 gram karbohidrat untuk spesimen sedang (123 gram). Gula, seperti glukosa dan fruktosa, membentuk hampir 70% kandungan karbohidrat.

Serat

Salah satu manfaat Tomat adalah sumber serat yang baik, menyediakan sekitar 1,5 gram rata-rata per tomat.

Sebagian besar serat (87%) dalam tomat tidak larut, dalam bentuk hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Vitamin dan mineral

Tomat adalah sumber vitamin dan mineral yang baik:

  • Vitamin C. Vitamin ini merupakan nutrisi penting dan antioksidan. Satu tomat berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 28% dari Reference Daily Intake (RDI) atau asupan harian.
  • Kalium. Mineral esensial, kalium bermanfaat untuk kontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.
  • Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  • Folat (vitamin B9). Salah satu vitamin B, folat penting untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel. Ini sangat penting bagi wanita hamil.

Senyawa tanaman lain

Kandungan vitamin dan senyawa tanaman yang bermanfaat pada tomat dapat sangat bervariasi antara varietas dan periode pengambilan sampel.

Senyawa tanaman utama dalam tomat adalah:

  • Likopen. Pigmen merah dan antioksidan, likopen telah banyak dipelajari untuk efek kesehatan yang bermanfaat.
  • Beta karoten. Antioksidan yang sering memberi warna kuning atau oranye pada makanan, beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda.
  • Naringenin. Ditemukan di kulit tomat, flavonoid ini telah terbukti mengurangi peradangan dan melindungi terhadap berbagai penyakit.
  • Asam klorogenik. Senyawa antioksidan kuat, asam klorogenik dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan kadar tinggi.
  • Klorofil dan karotenoid seperti likopen bertanggung jawab atas warna tomat yang kaya.

Ketika proses pematangan dimulai, klorofil (hijau) terdegradasi dan karotenoid (merah) disintesis

Likopen

Umumnya, semakin merah tomat, semakin banyak likopen yang dimilikinya.
Produk-produk tomat – seperti kecap, jus tomat, pasta tomat, dan saus tomat – adalah sumber makanan terkaya lycopene dalam makanan Barat, menyediakan lebih dari 80% dari lycopene makanan di Amerika Serikat.

Jumlah likopen dalam produk tomat olahan seringkali jauh lebih tinggi daripada tomat segar.

Misalnya, saus tomat mengandung 10–14 mg likopen per 3,5 ons (100 gram), sementara satu tomat kecil (100 gram) hanya mengandung 1-8 mg.

Namun, perlu diingat bahwa kecap sering dikonsumsi dalam jumlah yang sangat kecil. Dengan demikian, mungkin lebih mudah untuk meningkatkan asupan likopen Anda dengan mengonsumsi tomat yang tidak diproses – yang juga memiliki gula jauh lebih sedikit daripada saus tomat.

Makanan lain dalam diet Anda mungkin memiliki efek kuat pada penyerapan likopen. Mengkonsumsi senyawa tanaman ini dengan sumber lemak dapat meningkatkan penyerapan hingga empat kali lipat.

Namun, tidak semua orang menyerap likopen dengan kecepatan yang sama.

Meskipun produk tomat olahan lebih tinggi likopen, masih disarankan untuk mengkonsumsi tomat segar jika memungkinkan, karena manfaat tomat untuk diet sangat direkomendasikan.

Manfaat tomat bagi kesehatan

Kesehatan jantung

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian paling umum di dunia.

Sebuah studi pada pria paruh baya mengaitkan tingkat likopen dan beta-karoten dalam darah yang rendah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Semakin banyak bukti dari uji klinis menunjukkan bahwa suplemen dengan likopen dapat membantu menurunkan kolesterol.

Studi klinis menunjukkan bahwa manfaat tomat dapat melawan peradangan dan penanda stres oksidatif.

Mereka juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat mengurangi risiko pembekuan darah.

Pencegahan kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebar di luar batas normal mereka, sering menyerang bagian lain dari tubuh.

Studi pengamatan telah mencatat hubungan antara tomat – dan produk tomat – dan lebih sedikit insiden kanker prostat, paru-paru, dan perut.

Sementara kandungan likopen yang tinggi diyakini bertanggung jawab, penelitian manusia yang berkualitas tinggi diperlukan untuk mengkonfirmasi penyebab manfaat ini.

Sebuah studi pada wanita menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi karotenoid – ditemukan dalam jumlah tinggi dalam tomat – dapat melindungi terhadap kanker payudara

Kesehatan kulit

Manfaat tomat dianggap baik bagi kesehatan kulit. Makanan yang mengandung tomat yang kaya likopen dan senyawa tanaman lainnya dapat melindungi dari sengatan matahari.

Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang mencerna 1,3 ons (40 gram) pasta tomat – menyediakan 16 mg likopen – dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 minggu mengalami 40% lebih sedikit terbakar sinar matahari.

Proses Pematangan Secara Komersial

Ketika tomat mulai matang, mereka menghasilkan hormon gas yang disebut etilen.

Tomat yang ditanam secara komersial dipanen dan diangkut sementara masih hijau dan belum matang. Untuk membuatnya merah sebelum dijual, perusahaan makanan menyemprotkannya dengan gas etilen buatan.

Proses ini menghambat pengembangan rasa alami dan dapat menghasilkan tomat tawar.

Karenanya, manfaat tomat yang ditanam secara normal akan terasa lebih enak karena dibiarkan matang secara alami.

Jika Anda membeli tomat yang tidak matang, Anda dapat mempercepat proses pematangan dengan membungkusnya dalam selembar koran dan menyimpannya di meja dapur selama beberapa hari. Pastikan untuk memeriksanya setiap hari untuk mengetahui kematangannya.

Efek Samping

Tomat umumnya memiliki tingkat efek samping yang minim dan alergi seseorang terhadap tomat sangat jarang terjadi.

Kesimpulan

Tomat berair dan manis, penuh antioksidan, dan dapat membantu melawan beberapa penyakit.

Manfaat tomat paling utama yaitu tinggi likopen, peningkatan kesehatan jantung, pencegahan kanker, dan perlindungan terhadap sengatan matahari.

Tomat dapat menjadi bahan makanan anda untuk diet sehat.

Tinggalkan komentar