Obat Sakit Gigi Apotek dan 11 Macam di Sekitar Rumah

By

Obat Sakit Gigi Apotek dan 11 macam obat di Sekitar Rumah – Sakit gigi adalah kondisi yang dapat merusak mood penderitanya. Meskipun terlihat sepele, namun mengalami sakit gigi adalah hal menyakitkan hingga penderita akan lebih memilih untuk diam dan kurang berselera untuk melakukan aktifitas apapun, seperti halnya makan dan kegiatan lainnya. Banyak hal yang menjadikan gigi terasa sakit, yakni gigi berlubang, infeksi, dan berbagai jenis permasalahan lainnya yang mengakibatkan syaraf gigi terasa nyeri.

Sakit gigi melanda secara tiba-tiba, untuk itu harus sedia obat yang mudah didapat dengan segera. Karena penanganan yang segera akan mencegah gigi meradang lebih parah. Tak sedikit orang yang merasakan nyeri sakit gigi hingga menjalar ke sakit kepala, sariawan, dan menyerang syaraf lainnya. Sakit gigi akan mudah teratasi dengan segera menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Meskipun nampak sepele, namun cukup efektif dalam membantu meredakan sakit gigi.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Berikut akan kami uraikan berbagai jenis obat sakit gigi apotek di sekitar rumah yang alami dan mudah dipraktikan guna mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Bahan-bahan tersebut sederhana dan dengan mudah segera didapatkan. Namun sebelum mengunakan bahan-bahan tersebut alangkah baiknya jika menganalisis terlebih dahulu penyebab gigi terasa nyeri, agar mudah dan tepat sasaran dalam menangani. Jika dirasa obat tersebut tidak mengurangi rasa nyeri, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Obat Sakit Gigi Di Sekitar Rumah

Garam

Garam adalah bumbu dapur yang paling mudah didapatkan. Tentu setiap rumah memiliki stok garam dapur yang berlebih. Selain untuk perasa masakan, ternyata garam dapur dapat digunakan sebagai obat untuk sakit gigi yang efektif. Garam dapat membunuh bakteri yang ada di mulut, yang diduga sebagai sebab gigi terasa nyeri. Cara penggunaannya dengan cara mencampur 1 sendok garam dengan air hangat. Kemudian air garam tersebut digunaan untuk kumur-kumur. Lakukan secara berulang-ulang hingga nyeri pada gigi berkurang.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat sakit gigi apotek rumah, karena kandungannya bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi. Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Namun asam lemak terbanyak adalah asam oleat yang dinilai cukup sehat untuk kesehatan tubuh. Asam oelat inilah yang dinilai dapat membantu mengurangi peradangan. Cara menggunakan minyak zaitun dengan cara dioleskan pada bagian yang sakit. Bisa juga dengan cara minyak zaitun ditaruh di kapas dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

Madu

Madu memiliki khasiat yang banyak sekali. Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Madu dapat membunuh bakteri pada luka dan memudahkan luka cepat mengering. Untuk itu, madu dinilai efektif sebagai obat . Cara menggunakan madu sebagai obat dengan cara ditempelkan langsung pada bagian yang sakit atau dapat diseduh menggunakan air hangat. Jika dicampur dengan air hangat akan lebih terasa nikmat, karena rasa hangat tersebut akan meredakan nyeri pada gigi.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu rempah yang sering dijumpai di dapur. Khasiat dari kunyit banyak sekali, salah satunya dapat digunakan sebagai obat sakit gigi apotek rumah dengan fungsi pereda nyeri pada gigi. Kunyit mengandung vitamin C. Penggunaan kunyit dengan cara serbuk kunyit dicampur madu kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin jika gigi mulai terasa nyeri. Jika tidak memiliki serbuk kunyit, bisa dengan cara ambil kunyit sedikit kemudian diparut dan dicampur dengan madu, setelah itu tempelkan pada bagian yang terasa nyeri.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu rempah yang mudah dijumpai di dapur. Bawang putih sebagai anti bakteri, sehingga efektif digunakan sebagai obat untuk sakit gigi yang efektif digunakan. Cara penggunaanya yakni, bawang putih diparut, kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Tunggu hingga 10 menit, setelah itu buang sisa bawang putih tersebut. Alternatif kedua dengan cara bawang putih diiris menjadi dua bagian, kemudian gigit bawang putih tersebut pada bagian yang terasa nyeri.

Cengkeh

Cengkeh adalah bumbu rempah yang mudah dijumpai di sekitar rumah. Cengkeh dapat mencegah peradangan yang lebih parah dan kandungan di dalamnya dapat membunuh bakteri. Cara ini sudah sejak lama dipraktikan, bahkan pengobatan Cina dan India banyak menggunakan bahan rempah satu ini sebagai obat sakit gigi apotek rumah. Cara menggunakannya dengan cara cengkeh digigit pada bagian gigi yang sakit. Alternatif kedua dengan cara mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas pada bagian yang sakit.

Es Batu

Mengompres mengunakan es batu adalah salah satu cara untuk mengurangi peradangan pada gusi bengkak. Es batu dijadikan obat pereda nyeri yang cukup sederhana penggunaannya, yakni dengan cara meletakan bongkahan kecil es batu pada selembar kain, kemudian ditempelkan pada pipi bagian gusi yang sakit. Lakukan selama 20 menit. Jika gusi terasa mulai nyeri, segera lakukan pengobatan sederhana ini. Tunggu hingga gusi terasa hilang rasa nyerinya.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh, umumnya teh hijau dipercaya dapat menjadi minuman diet. Namun setelah ditelurusi, kandungan teh hijau juga mampu untuk menjaga kesehatan mulut, khususnya jika memiliki gigi yang sensitif. Teh hijau dapat membantu mengurangi rasa nyeri sebagai obat obat sakit gigi apotek rumah  untuk pereda nyeri. Penggunaan teh hijau dengan cara membuat seduhan dengan air hangat. Sebaiknya tidak dicampur dengan gula, karena dalam penggunaannya dengan cara dikumur-kumur.

Ekstrak Vanili

Ekstrak valini adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk untuk membantu meredakan nyeri pada gigi. Obat  satu ini, digunakan dengan cara mengoleskan langsung meggunakan jari pada bagian yang sakit. Alternatif kedua dengan cara menuangkan sedikit ekstrak vanili pada kapas, kemudian kapas tersebut digigit pada gigi yang terasa sakit. Ekstrak vanili dipercaya sebagai obat anti nyeri pada kasus sakit gigi. Lakukan secara rutin apabila gigi mulai terasa nyeri

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dipercaya dapat menjadi obat sakit gigi apotek rumah untuk membantu meredakan nyeri pada gigi, karena daun ini mengandung zat yang mampu berfungsi sebagai anti bakteri sehingga cukup efektif dalam penggunaannya. Caranya penggunaannya cukup sederhana, yakni mengunyah secara langsung daun jambu biji setelah beberapa menit.  Alternatif kedua dengan cara merebus daun jambu biji, kemudian air rebusan tersebut digunakan sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin, jika gigi terasa nyeri.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini.

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat yang sering digunakan di rumah. Jahe dapat dijadikan sebagai obat. Jahe identik dengan menghangatkan tubuh. Untuk itu, jahe juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang. Cara penggunaan jahe dengan cara dihaluskan setelah itu tempelkan pada gigi yang sakit. Akan ada sensasi hangat, sehingga nyeri gigi akan berkurang dengan sendirinya. Alternatif kedua jahe dapat diseduh dengan air hangat kemudian diminum dengan cara dicampur madu.

Demikian obat sakit gigi apotek rumah di sekitar yang dengan mudah ditemukan saat gigi terasa sakit. Bahan-bahan di atas dapat dijadikan referensi sebagai bentuk pertolongan pertama saat gigi mulai terasa sakit. Selain itu bahan-bahan di atas terjangkau dari segi harga dibanding obat kimia dari apokek. Apabila bahan di atas tidak mampu mengurangi rasa nyeri, solusi terbaik adalah dengan segera berkonsultasi pada dokter gigi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

 

 

Tinggalkan komentar