Ketahui 10 Manfaat Sayur Oyong Untuk Ibu Hamil

Ketahui manfaat sayur oyong untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang cukup agar kehamilan berjalan lancar, untuk itulah wanita hamil diwajibkan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar stamina tetap terjaga. Salah satunya sayur oyong, alasannya karena manfaatnya beragam dan membuat aktifitas tak terganggu.

Umumnya, oyong dibuat menjadi sayur bening atau campuran sayur lodeh. Sejatinya, buah oyong memiliki bentuk bulat memanjang dengan bagian pangkalnya kecil. Bahkan buah oyong bisa mencapai panjang 15 sampai 60 centimeter dengan diameter 5 centimeter. Bentuknya yang kecil memanjang bermanfaat untuk ibu hamil, bahkan dipercaya bagus untuk kesehatan dan kecantikan loh.

manfaat sayur oyong untuk ibu hamil
manfaat sayur oyong untuk ibu hamil

Kegunaan Sayur Oyong Secara Umum

Selain ibu hamil, sayur oyong memiliki kegunaan yang beragam loh. Hal tersebut tak lepas dari manfaat sayur oyong untuk ibu hamil. Alasannya karena oyong memiliki kandungan yang banyak, diantaranya adalah asam glutanate, flavonoid, saponin, serin, asam pipekolat, hidroksiprolin dan kandungan lain. untuk itulah dibawah ini ada macam-macam kegunaan oyong, diantaranya adalah:

Buah oyong memiliki sifat diuretik yang berguna untuk kesehatan jangka panjang dan dapat digunakan sebagai hipoglikemik dan ekspektoran. Selain itu bisa digunakan untuk mengurangi keasaman hiper, sementara daun oyong berfungsi untuk mengobati disentri. Hebatnya lagi, daun oyong yang dibuat jus atau di peras dapat digunakan untuk pembalut. Pastinya berguna mengatasi penyakit cacing cincin, kusta dan peradangan limpa dan cocok digunakan untuk tonik pahit

Untuk akar tanaman oyong dapat mengatasi pembengkakan getah bening. Caranya pun mudah, yaitu tambahkan akar oyong ke dalam air dingin atau anda bisa merebusnya dan dioleskan pada kulit. Tunggu sampai meresap dan bilas dengan air bersih. Bisa digunakan untuk perawatan kulit. Oyong bisa mengatasi rambut yang beruban dini, caranya adalah oyong di potong kecil-kecil bersama kulitnya. Kemudian jemur dibawah terik matahari sampai mengering, setelah itu hancurkan sampai menjadi bubuk. Nggak heran manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sangat beragam karena kandungannya banyak

Manfaat Sayur Oyong Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil mudah lelah walaupun minim beraktifitas, hal tersebut karena dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya karena perubahan hormon wanita yang menyiapkan janin di perut semakin tumbuh, belum lagi hamil di trimester awal dominan mengalami mual-mual sampai muntah-muntah. Alhasil cairan lebih cepat hilang dan ibu hamil gampang pusing dan ada yang pingsan. Berikut ada manfaat yang wajib diketahui, antara lain:

Mencegah anemia

Ibu hamil sering mengalami anemia dan sulit bepergian, padahal wanita hamil sangat membutuhkan vitamin B6 karena menghasilkan hemoglobin di dalam darah. Selain itu hemoglobin akan mengangkut oksigen ke sel darah sehingga membentuk zat besi. Jika asupan vitamin B6 tercukupi, maka anemia tak datang. Untuk itulah disarankan mengkonsumsi sayur oyong karena manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sangat penting.

Membantu persiapan menyusui

Jangan salah loh, memperbanyak makan sayur oyong berarti anda siap menyambut kehadiran bayi dengan ASI yang berlimpah. Hal itu karena sayur oyong mampu memperbanyak produksi ASI, tatkala bayi lahir pun perbanyak makan sayur oyong agar bayi mendapat ASI berkualitas ibu ya.

Membuat kulit tetap terawat

Umumnya, ibu hamil malas berdandan karena perubahan mood yang tak menentu. Padahal menjaga penampilan wajib diperhatikan agar suami tak bosan dan menganggap anda tak menikmati masa kehamilan. Tenang saja, bagi anda yang malas merawat diri bisa mengkonsumsi sayur oyong. Agar tak bosan menyantapnya, bisa diselingi menu makanan lain atau paling tidak satu minggu 3 atau 4 kali. Sementara anda yang tak suka sayur oyong, saat hamil usahakan memakannya karena manfaat sayur oyong untuk ibu hamil baik untuk kesehatan ibu.

Mencegah nyeri otot

Ibu hamil sering mengalami nyeri otot bagian punggung, bahkan nyeri otot tersebut bisa berlangsung sampai trimester akhir loh. Kebanyakan ibu hamil tak ambil pusing karena nyeri otot termasuk hal wajar dialami saat hamil, sayangnya nyeri otot membuat anda mudah lelah dan malas beraktifitas. Agar aktifitas tak terganggu dan semangat menjadi ibu dan istri, jadikanlah sayur oyong sebagai menu lauk sehingga kehamilan selalu semangat.

Mengatasi nyeri radang sendi

Sayur oyong memiliki sifa anti inflamasi yang berguna menenangkan rasa sakit atau kaku yang berujung radang sendi. Apalagi ibu hamil kerap menderita radang sendi karena janin di dalam perut semakin berkembang dan menekan perut, pastinya otot-otot persendian akan sering sakit. Anda bisa menjadikan sayur oyong sebagai menu makan setiap hari. Tatkala bosan menyantapnya, pikirkanlah bahwa manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sangat banyak.

Mengatasi migrain atau sakit kepala

Ibu hamil kerap mengalami sakit kepala akibat perubahan hormon dan efek samping ngidam. Apalagi di trimester awal, intensitas sakit kepala sangat tinggi karena janin mulai tumbuh membentuk tubuh agar sempurna menjadi bayi. Apa jadinya jika ibu hamil tidak menyantap makanan bergizi, bisa saja anda mengalami sakit kepala hebat dan penyakit lain. hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Penuhilah magnesium agar sakit kepala dapat dicegah, disini sayur oyong adalah pilihan tepat karena mengandung mangnesium yang tinggi.

Menjaga berat badan ideal

Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil bagus untuk menjaga berat badan loh, pasalnya wanita hamil lebih banyak makan sehingga berat badan cepat naik. Padahal kegemukan pada ibu hamil tak bagus untuk kesehatan ibu dan janin, sebenarnya sah-sah saja banyak makan selama kehamilan karena anda bernafas untuk 2 orang sehingga cepat lapar. Sayangnya bisa memicu obesitas atau permasalahan kesehatan lain, solusinya adalah banyak makan sayur oyong karena kandungan oyong bagus untuk menjaga berat badan.

Mengatasi sembelit

Ada ibu hamil yang mengalami sembelit karena perubahan hormon setiap ibu hamil berbeda, ada yang selama hamil tak mengalami masalah kesehatan. Tetapi ada ibu hamil yang mudah lelah dan sakit karena kehamilannya, sementara jika anda sering sembelit lebih baik menjadikan sayur oyong sebagai pelengkap lauk. Dijamin sembelit segera hilang dan intensitasnya tidak sering.

Menjaga kekebalan tubuh

Di zaman pancaroba ini, semua orang mudah terserang penyakit jika sistem imunnya lemah. Apalagi ibu hamil lebih rentan terpapar penyakit jika kekebalannya tubuhnya lemah, tetapi anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi sayur oyong. Bahkan manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sebagai penjaga daya tahan tubuh telah dibuktikan melalui riset loh.

Simak artikel lainnya disini.

Tetap terlihat cantik

Walaupun berbadan dua, wanita hamil harus tetap cantik sehingga enak di pandang mata. Bahkan kecantikan yang terpancar membuktikan anda bahagia menjalani kehamilan, maka konsumsilah sayur oyong karena kandungannya bagus untuk kesehatan kulit.

Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sangat banyak, apalagi harga oyong terjangkau. Alhasil anda bisa menyantap sayur oyong kapan saja, yang terpenting imbangi dengan menu makanan dan minuman bergizi lain sehingga tak bosan menyantap sayur oyong setiap hari.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *