10 Makanan untuk Detoks Tubuh

10 Makanan untuk Detoks Tubuh – Bahkan jika kita makan sehat dan minum air, kita tidak bisa lepas dari paparan racun. Polusi udara, polusi air, dan polusi tanah masih dapat menyebabkan tingkat toksisitas yang tinggi di dalam tubuh kita.

Tingkat racun yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan kronis, kelemahan ekstrem, peradangan, masalah kesehatan terkait sinus seperti kemacetan, gangguan pencernaan seperti gas dan kembung, serta masalah kulit seperti jerawat, ruam, eksim, psoriasis, dan kekeringan kulit yang berlebihan .

Tubuh secara alami menghilangkan racun untuk menghindari masalah kesehatan dan proses detoksifikasi membantu hati dan kantong empedu dalam menjalankan fungsi ini.

Detoksifikasi adalah tentang mengistirahatkan, membersihkan, dan menutrisi tubuh dari dalam ke luar. Ini melindungi tubuh Anda dari penyakit dan meningkatkan kesehatan yang optimal.

Detoksifikasi bukanlah proses yang kompleks. Ini bisa dilakukan dengan menambahkan makanan detoks ke dalam diet Anda. Ada banyak makanan detoks yang akan membantu hati menghilangkan racun berbahaya dan menjaga tubuh tetap bersih dan sehat.

Berikut 10 Makanan untuk Detoks Tubuh

1. Lemon

Dikemas penuh dengan vitamin dan antioksidan, lemon dianggap sebagai bahan detoksifikasi yang kuat. Tingginya jumlah vitamin C dalam lemon dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat senyawa yang disebut glutathione. Glutathione membantu hati dalam proses detoksifikasi.

Plus, meskipun bersifat asam, lemon memiliki efek alkali pada tubuh, yang pada gilirannya membantu mengembalikan tingkat pH tubuh .

BACA : 15 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari

2. Bit

Beetroot benar-benar salah satu makanan paling kuat untuk membantu mendetoksifikasi tubuh. Ini mengandung betaine dan pektin, yang membantu melindungi hati dan sistem pencernaan. 

Zat kimia ini dapat membersihkan tubuh, sehingga mengurangi jumlah racun yang mungkin Anda bawa. Ini juga membantu menstabilkan keseimbangan asam-basa darah (pH) darah, yang pada gilirannya mendukung detoksifikasi yang sehat.

Sayuran merah ini juga merupakan sumber zat besi, magnesium, seng dan kalsium yang berharga, yang semuanya diperlukan untuk detoksifikasi dan eliminasi yang optimal. Plus, jumlah tinggi serat dalam bit meningkatkan pencernaan dan membantu tubuh menghilangkan limbah.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah tambahan yang bagus untuk program detoks apa pun karena nilai antioksidannya yang tinggi . Dari semua senyawa antioksidan kuat dalam teh hijau, yang paling kuat adalah katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Catechin membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas. Plus, mereka meningkatkan fungsi hati, yang sangat penting untuk detoksifikasi.

Minum teh hijau menjaga organ tubuh tetap sehat, menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Alpukat

Dikemas penuh antioksidan, alpukat membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh Anda. Nutrisi yang disebut glutathione hadir dalam alpukat dapat memblokir setidaknya 30 karsinogen berbeda, sambil membantu hati mendetoksifikasi bahan kimia sintetis.

Alpukat juga sangat kaya akan vitamin K, yang membantu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, kandungan seratnya membantu detoksifikasi.

5. Kubis

Makanan super detoksifikasi lain yang terjangkau adalah kol. Glukosinolat, senyawa yang mengandung belerang, yang ditemukan di kubis menjadikannya makanan detoksifikasi yang kuat. Glukosinolat membantu dalam memecah bahan kimia berbahaya dalam tubuh, dari pestisida hingga obat resep.

Selain membersihkan hati karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, kol juga menyediakan serat untuk membantu mengatur pergerakan usus yang pada gilirannya membantu tubuh membuang racun-racun berbahaya.

6. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan sebagai makanan detoks yang kuat sejak zaman kuno. Senyawa yang mengandung belerang dalam bawang putih membantu melawan bakteri berbahaya dan ragi di usus. Ini juga membantu detoksifikasi dengan meningkatkan produksi glutathione yang membantu menyaring racun dari sistem pencernaan.

Selain itu, bawang putih mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung fungsi hati.

7. Kembang Kol

Kembang kol kaya akan fitokimia yang disebut glukosinolat dan karenanya membantu dalam proses detoksifikasi. Glukosinolat dipecah dalam usus menjadi senyawa yang disebut isotiosianat dan indole-3-karbinol. Senyawa ini mengatur enzim detoksifikasi tubuh.

Selain itu, kol bunga mengandung vitamin C yang mendukung fungsi hati dan vitamin K yang membantu melindungi hati dari kerusakan dan melawan radikal bebas.

8. Jahe

Jahe juga dianggap sebagai salah satu herbal detoksifikasi terbaik. The senyawa yang disebut gingerol dan shogaols di jahe mempromosikan detoksifikasi dengan mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Ini pada gilirannya membantu menghilangkan limbah berbahaya dan racun dari usus besar, hati, dan organ-organ lain.

Jahe juga bermanfaat bagi hati Anda, terutama jika Anda menderita hati berlemak akibat terlalu banyak minum alkohol.

9. Biji Rami

Biji rami mengandung serat larut dan tidak larut, yang membantu detoksifikasi tubuh. Serat menambah jumlah isi usus, yang pada gilirannya meningkatkan keteraturan usus. Ini membantu tubuh menghilangkan racun berbahaya, kolesterol dan produk limbah lainnya yang diproses oleh hati.

Plus, biji rami sarat dengan asam lemak esensial, khususnya omega-3 yang penting untuk banyak fungsi pembersihan dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

10. Apel

Apel mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut, pektin, dalam apel membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah . Serat tak larut, selulosa, menambah jumlah besar ke produk limbah dan membantu sistem pencernaan memindahkan limbah dengan cepat melalui saluran usus.

Untuk detoksifikasi, Anda dapat mencoba puasa apel dua hari. Selama dua hari ini, cukup makan apel bersama dengan minuman seperti air dan teh herbal saja. Anda tidak bisa makan apa pun selama periode ini.

Sekian Artikel mengenai 10 Makanan untuk Detoks Tubuh dan semoga bermanfaat

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *