Mengetahui 10 Macam Nama Tanaman Herbal Dan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

Mengetahui 10 Macam Nama Tanaman Herbal Dan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa. Jenis-jenis tanaman herbal sangat mudah ditemukan di mana saja bahkan di sekitar rumah kamu pasti ada tanaman herbal. Tanaman herbal biasanya terlebih dahulu diracik sebagai obat penyembuh penyakit. Semua jenis herbal yang ada disekitar kamu biasanya bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit.

Tanaman herbal yang ada di sekitar kamu memiliki beragam Manfaat bagi kesehatan. Tanaman biasanya dijadikan obat terlebih dahulu batu bisa dijadikan obat penyembuh penyakit. Kamu juga bisa menanam tanaman herbal di pekarangan kamu supaya pekarangan kamu akan lebih asri dan tanamannya bisa dijadikan obat. Banyak tanaman herbal yang bisa dijadikan obat tetapi tidak semua tanaman herbal bisa dijadikan obat.

Tanaman ada yang beracun dan tidak, biasanya taman yang tidak beracun yang bisa dijadikan obat. Biasanya kebanyakan orang langsung memilih tanaman herbal untuk dijadikan obat tetapi ada juga tanaman yang beracun. Tanaman yang beracun bisa membahayakan tubuh dan bisa menjadi tempat sarang penyakit seperti tanaman jarak dan masih banyak lagi. Disarankan jika kamu ingin membeli tanaman harus melihat terlebih dahulu nama tanaman herbal dan manfaatnya.

Tanaman herbal dan manfaatnya
Tanaman herbal dan manfaatnya

Berikut Ini Adalah Beberapa Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menangkal pencemaran udara, selain menangkal pencemaran udara tanaman ini juga bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Lidah buaya mengandung antioksidan alami yang dapat menangkap radikal bebas. Lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar, mengatasi sembelit, dan lidah buaya dapat meningkatkan nafsu makan. Seseorang yang memiliki daya tahan yang lemah maka disarankan mengkonsumsi lidah buaya secara rutin supaya daya tahan meningkat.

Kunyit

Tanaman herbal dan manfaatnya yang selanjutnya adalah tanaman kunyit. Manfaat tanaman herbalyang satu dapat menjaga kesehatan dan mencegah kamu tertular penyakit. Kunyit mengandung kurkumin, Kurkumin bisa meringankan gangguan pencernaan, mengatasi penyakit hati dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi kunyit secara berlebihan juga akan mengalami efek samping yaitu memicu kenaikan asam lambung.

Serai

Serai merupakan salah satu tanaman yang memiliki Manfaat yang bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan. Serai memiliki banyak sekali Manfaat salah satunya adalah dapat meredakan stres. Selain bisa meredakan stres, serai juga bisa menurunkan demam bagi yang sakit dan mencegah infeksi tenggorokan. Serai juga bisa digunakan untuk meredakan semua jenis nyeri. Kamu juga bisa mencampur serai kedalam minuman atau makanan supaya meningkatkan nafsu makan kamu.

Lengkuas

Tanaman herbal dan manfaatnya yang selanjutnya adalah lengkuas. Tanaman herbal yang satu dapat dipercaya memiliki banyak Manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu Manfaat dari lengkuas adalah mengurangi sakit perut yang disebabkan peradangan. Selain itu lengkuas juga bisa digunakan sebagai obat bronkitis dan batuk. Lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik yang dapat dipercaya menurunkan demam.

Kunyit

Kunyit juga sering dikenal dengan nama turmeric dalam bahasa Inggris. Tanaman herbal ini sering kali dijadikan pewarna makanan alami untuk nasi tumpeng dan nasi kuning. Aroma pada kunyit sangat khas jika digunakan sebagai pelengkap dalam makanan. Selain sebagai pelengkap makanan kunyit juga bisa dibuat menjadi jamu. Manfaat dari tanaman herbal yang satu ini adalah menghilangkan bau badan dan membunuh virus. Selain Manfaat tersebut, kunyit juga bisa meredakan demam, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi. Supaya Manfaat yang diterima dari mengkonsumsi kunyit maksimal, sebaiknya kunyit dihaluskan dan rebus dengan air.

Kencur

Tanaman herbal dan manfaatnya yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah kencur. Kencur sering kali diubah menjadi jamu siap minum seperti kunyit. Biasanya cara penyajian kencur dalam bentuk minuman yang sudah dicampur dengan air beras. Rasa dari jamu yang dibuat dari kencur sangat nikmat dan menghangatkan tubuh kamu. Pasti semua orang sudah sering mengkonsumsi kencur yang sudah diubah menjadi jamu. Manfaat dari tanaman herbal ini adalah membersihkan darah kotor dan mencegah batu ginjal. Selain Manfaat tersebut kencur masih memiliki banyak Manfaat seperti meredakan sakit kepala, menyembuhkan flu dan batuk, dan masih banyak lagi. 

Kapulaga

Tanaman herbal yang selanjutnya yang perlu kamu ketahui yang bisa dijadikan obat kesehatan adalah kapulaga. Tanaman ini biasanya dijadikan bumbu pelengkap masakan timur tengah. Buah, Batang, dan akar dari kapulaga bisa dijadikan obat herbal alami yang bisa menyembuhkan atau meredakan penyakit. Salah satu Manfaat dari tanaman herbal ini adalah dapat melancarkan keluarnya air seni. Tanaman herbal ini juga bisa melancarkan peredaran darah, susah air besar, dan gangguan pencernaan.

Daun kemangi

Tanaman herbal dan manfaatnya yang selanjutnya adalah daun kemangi. Biasanya tanaman herbal yang satu ini digunakan sebagai pelengkap dan juga berfungsi untuk menambah aroma khas pada makanan. Selain manfaat tersebut, daun kemangi juga bisa bisa digunakan sebagai tanaman obat petelur yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat daun kemangi Bagi kesehatan adalah meringankan perut kembung. Selain manfaat tersebut, daun kemangi juga bisa meningkatkan nafsu makan dan mengobati luka goresan pada kulit. 

Daun Sirih

Sejak dulu tanaman yang satu ini sudah dikenal oleh kalangan masyarakat karena kaya akan manfaat. Manfaat dari tanaman herbal yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Daun Sirih sudah terbukti bisa menghambat perkembangan bakteri pada mulut kita. Jika mulut kamu tidak ada bakteri maka kamu dapat mencegah penyakit pada gusi dan gigi kamu. Daun Sirih juga mengandung antioksidan yang bisa mempercepat menyembuhkan luka bakar pada tubuh kamu. Oleh sebab itu kebanyak orang menggunakan daun sirih untuk mengobati luka bakar supaya cepat sembuh. Selain bisa mengobati luka bakar, daun sirih juga bisa mengobati mimisan.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Jeruk Nipis

Tanaman herbal dan manfaatnya selanjutnya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis mengandungnya vitamin C dan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kamu. Mengkonsumsi perasan air jeruk nipis secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Selain Manfaat tersebut jeruk nipis juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, dan masih banyak lagi. Jeruk nipis aman dikonsumsi dan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Akan tetapi asam yang terkandung pada jeruk nipis dapat menyebabkan rasa perih terutama jika terluka pada bagian mulut seperti sariawan. Kandungan asam yang ada di dalam jeruk nipis juga dapat memicu adanya gangguan pada pencernaan seperti sakit maag. Dan jika kamu mengkonsumsi jeruk nipis dalam jumlah banyak juga tidak baik karena dapat merusak gigi dan dapat membuat gigi berlubang.

Nah itu saja tanaman herbal dan manfaatnya yang harus kamu ketahui sebelum dijadikan obat. Masih banyak lagi macam macam tanaman herbal yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan obat dan kaya akan manfaat.

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *