10 Macam-Macam Tumbuhan Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan Anda

10 Macam-Macam Tumbuhan Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan tubuh yang sehat mulai dari cara modern hingga cara tradisional. Cara modern seperti menggunakan obat-obatan adalah cara yang cukup digemari oleh banyak orang karena lebih praktis dan lebih cepat. Namun, tidak sedikit pula orang-orang yang lebih menyukai menggunakan cara tradisional dalam menjaga kesehatan tubuh.

Banyak orang yang beranggapan bahwa cara tradisional adalah cara yang paling aman dalam mendapatkan tubuh yang sehat. Mereka percaya bahwa bahan-bahan herbal yang digunakan lebih menyehatkan dan bebas dari efek samping yang membahayakan tubuh. Keuntungan lain dari penggunaan bahan herbal adalah mudah ditemukan karena banyak bahan herbal yang bisa ditemukan di sekitar anda. karena itulah, banyak orang yang mulai beralih dari cara modern ke cara tradisional karena lebih aman dan harganya yang lebih terjangkau.

macam-macam tumbuhan herbal
macam-macam tumbuhan herbal

Rekomendasi Macam-Macam Tumbuhan Herbal Yang Bagus Untuk Kesehatan Anda

Daun Pandan

Banyak sekali macam-macam tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya pandan. Baunya yang harum menyebabkan daun pandan digunakan sebagai pewangi dan penyedap rasa pada masakan, serta menjadi bahan baku pembuatan parfum. Kandungan senyawa alkaloid, polifenol, saponin, tanin, flavonoid dipercaya mampu mengatasi masalah-masalah kesehatan yang sering terjadi pada kita.

Masalah tersebut mulai dari ketombe, gangguan saraf, rambut rontok, nafsu makan menurun, menghitamkan rambut, rematik, dan pegal linu. Karena khasiatnya yang begitu banyak, daun pandan menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang sering digunakan sebagai obat alami. Daun pandan sendiri cukup mudah untuk ditemukan karena tumbuhan ini hidup dataran rendah.

Tanaman Pala

Jika anda pernah membaca sejarah, tanaman pala merupakan salah satu jenis dari sekian banyak macam-macam tumbuhan herbal yang berharga tinggi. Zaman dulu, tanaman pala dicari oleh orang-orang di seluruh dunia karena dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Karena itulah, harga dari tanaman pala sendiri hampir setara dengan harga emas kala itu. Tanaman pala memiliki batang yang tegak dengan ketinggian rata-rata mencapai 10 m dan biasanya di temukan di daerah timur Indonesia.

Bagian dari tanaman pala yang paling dicari dan sering digunakan untuk pengobatan herbal adalah bijinya. Di mana biji bala memiliki bentuk seperti telur dan warna a yang cenderung gelap atau hitam kecoklatan. Biji pala memiliki khasiat yang cukup banyak di mana dipercaya mampu mengatasi disentri, maag, perut kembung, diare. Namun, ada sebagian orang yang menggunakan biji pala sebagai obat untuk menyembuhkan susah tidur pada anak-anak, muntah, serta menyembuhkan penyakit rematik.

Buah Mengkudu

Contoh macam-macam tumbuhan herbal selanjutnya adalah buah mengkudu yang merupakan tanaman jenis kopi-kopian. Tanaman mengkudu bisa hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 di atas permukaan laut.  Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui khasiat dari buah yang satu ini di mana buah ini bisa dijadikan obat tradisional.  Buah mengkudu sering digunakan banyak orang untuk mengobati hipertensi sakit kuning, diare, batuk, flu dan demam.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman herbal yang sering di tanaman di halaman rumah.  Lidah buaya selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga digunakan sebagai obat tradisional karena dipercaya mampu mengatasi beragam penyakit. Kandungan vitamin, enzim, serta senyawa antrakuinon yang menjadi senyawa pada obat pencahar mampu mengatasi dan mencegah masalah kesehatan. Seperti pusing, diare, sembelit, rambut rontok, dan sebagainya.

Lengkuas

Tumbuhan selanjutnya yang masuk dalam kategori macam-macam tumbuhan herbal adalah lengkuas. Lengkuas sendiri merupakan salah satu bahan herbal yang sering digunakan sebagai campuran berbagai macam masakan. Namun, jenis lengkuas putihlah yang sering digunakan sebagai bahan masakan, sementara jenis lengkuas merah sering digunakan sebagai obat tradisional. Bahan ini berkhasiat untuk mengobati masalah kulit, masalah limpa, gangguan pernafasan, dan menambah nafsu makan.

Lada

Sama dengan lengkuas, ladan merupakan bahan herbal yang sering digunakan sebagai rempah-rempah di berbagai macam masakan. Lada sendiri digunakan di dalam masakan karena memiliki cita rasa yang sedikit pedas serta memberikan sensasi yang menghangatkan pada tubuh. Lada sendiri dibagi menjadi 2 macam yaitu lada putih dan lada hitam dan keduanya sering digunakan sebagai campuran di dalam masakan. Kandungan senyawa pada lada dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit seperti kolera, sakit kepala, rematik, dam batu ginjal.

Kunyit

Macam-macam tumbuhan herbal selanjutnya adalah kunyit di mana semua orang pasti mengenali bahan herbal yang satu ini. Bahan herbal ini dipercaya bisa mengobati tifus, BAB lendir, usus buntu, amandel, disentri, memperlancar ASI, keputihan, dan membantu melancarkan haid. Banyaknya manfaat dari kunyit menjadi alasan utama bahan ini sering digunakan sebagai bumbu masakan, jamu, keperluan kesehatan dan kecantikan.

Kumis Kucing

Bagi sebagian orang, tanaman kumis kucing sulit dikenali karena mereka jarang atau bahkan tidak pernah melihat bentuk dari tanaman ini. Tanaman herbal ini biasanya tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian 500-900 meter di atas permukaan laut. Untuk masalah khasiatnya, kumis kucing berkhasiat mengobat demam, infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, encok dan sakit kencing batu.

Kencur

Kencur merupakan salah satu dari sekian banyak macam-macam tumbuhan herbal yang berkhasiat mengobat berbagai macam penyakit. Kencur bisa kita temukan di dapur karena bahan herbal ini juga sering digunakan sebagai rempah-rempah di dalam masakan. Kencur dipercaya banyak orang mampu mengobati penyakit seperti radang lambung, memperlancar haid, menghilangkan darah kotor, masuk angin, influenza, sakit kepala. anda dapat menjumpai bahan herbal ini di pasar-pasar atau supermarket yang harganya cukup terjangkau.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Asam Jawa

Bahan herbal selanjutnya adalah asam jawa di mana bahan ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan anda. Kandungan flavonoid pada asam Jawa bermanfaat untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Kandungan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas, sebagai antioksidan, serta bisa melancarkan pencernaan pada tubuh. Di samping itu, kandungan serat yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga anda tidak mudah lapar.

Khasiat lain dari asam jawa adalah menjadi antiseptik, penghilang rasa nyeri, mengobati demam, penambah nafsu makan. Daging buah asam jawa juga memiliki banyak kandungan, seperti vitamin B3, pektin, leusin, geraniol, citric acid, phenylalanine, dan pipecolic acid. Kandungan inilah yang berkhasiat untuk mengobati penyakit-penyakit di atas. Namun, bagi anda ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi macam-macam tumbuhan herbal.

Itulah beberapa informasi mengenai macam-macam tumbuhan herbal yang sangat baik untuk kesehatan anda. Ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia karena memiliki efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *