10 Jus Diet Sehat Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

10 Jus Diet Sehat Alami Untuk Menurunkan Berat Badan. Buah dan sayuran segar bisa menyediakan banyak mineral, vitamin, serat dan antioksidan. Ini bisa membantu Anda meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lebih banyak kalori. Sementara itu, konsep diet dengan menggunakan jus buah dan sayur bukanlah hal yang baru. Ini juga bukan bagian dari jenis diet cair yang hanya memperbolehkan Anda untuk meminum jus saja. Melainkan Anda hanya menambahkan jus segar ke dalam menu makanan sehari-hari.

Minum jus segar setiap hari merupakan ide yang bagus untuk membantu mempercepat penurunan berat badan. Ini juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, dan masih banyak lagi manfaatnya. Lalu jenis jus seperti apa yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet sehat sehari-hari? Berikut ulasannya.

Daftar Jus Diet Sehat Alami Untuk Penurunan Berat Badan

diet sehat alami
diet sehat alami

1.     Jus wortel

Anda bisa memasukkan wortel ke dalam menu diet sehat alami Anda, karena ini rendah kalori dan penuh serat. Mengkonsumsi segelas jus wortel yang tinggi serat di pagi hari akan membantu Anda tetap kenyang sampai siang. Dengan begitu Anda tidak akan membutuhkan camilan yang tidak sehat. Sementara itu, banyak ahli mengatakan cara terbaik untuk makan wortel adalah dalam keadaan mentah. Jadi mengubahnya menjadi jus adalah ide yang bagus.

Manfaat lain dari jus wortel yakni bisa meningkatkan sekresi empedu, yang diyakini bisa membantu membakar lemak untuk penurunan berat badan. Anda juga bisa menambahkan satu buah apel, setengah jeruk, dan beberapa jahe untuk membuat ramuan detoksifikasi yang hebat. Ini sangat bagus untuk membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Jadi lain kali jika Anda berencana untuk melakukan diet jus, maka bawalah wortel ini untuk menyelamatkan Anda.

2.     Jus pare

Rasa jus pare yang pahit mungkin tidak banyak disukai orang, namun kenyataannya ini benar-benar bisa membantu menurunkan berat badan. Minum jus pare secara teratur dapat membantu merangsang hati untuk mengeluarkan asam empedu yang diperlukan untuk membakar lemak. Sementara itu, jus pare juga sangat rendah kalori. Dalam 100 gram pare umumnya mengandung 17 kalori saja, jadi ini sangat bagus untuk dimasukkan dalam menu diet sehat alami Anda.

3.     Jus mentimun

Sangat mudah dipahami bahwa untuk menurunkan berat badan, maka Anda hanya perlu makan lebih sedikit kalori atau membakar lebih banyak kalori. Untuk itu makan sayuran seperti mentimun adalah ide yang bagus. Mentimun sendiri dikenal sebagai sayuran yang memiliki kadar air dan serat yang tinggi, namun sedikit kalori. Jadi ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk menambah kesegarannya, maka Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan beberapa daun mint di dalam jus.

4.     Jus amla

Amla adalah jenis gooseberry asal India yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk diet sehat alami. Ini sangat bagus untuk memulai hari Anda dengan segelas jus amla. Terutama karena jus amla bisa membantu menjaga sistem pencernaan dan mempercepat metabolisme tubuh. Sangat disarankan untuk meminum jus amla terutama saat perut kosong. Itu juga bisa ditambahkan madu (sebagai pengganti gula alami) untuk membuat Anda tetap aktif dan berenergi.

5.     Jus delima

Buah delima banyak dikenal akan khasiatnya untuk menyehatkan kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Namun tahukah Anda jika buah ini juga efektif untuk menurunkan berat badan? Menurut sebagian ahli manajemen berat, buah delima diperkaya zat antioksidan, polifenol dan asam linolenat terkonjugasi. Ini semua bermanfaat untuk membantu tubuh membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan membantu menekan nafsu makan.

6.     Jus kubis

Jus kubis dipercaya bisa membantu meringankan banyak masalah perut, seperti kembung dan gangguan pencernaan. Ini juga bisa membersihkan saluran pencernaan Anda dan membantu pembuangan feses lebih cepat. Sementara itu banyak penelitian menunjukkan jika asupan serat yang tinggi akan membantu mengurangi lemak badan. Jadi memasukkan kubis atau kol ke dalam menu diet sehat alami adalah langkah yang tepat.

Sayuran yang tinggi serat akan membantu menyerap air dalam tubuh, dan ini akan membentuk gel atau padatan dalam pencernaan. Dengan begitu, massa ini akan memperlambat proses pencernaan dan membantu Anda tetap kenyang lebih lama. Untuk Anda yang ingin memasukkan kol ke dalam menu diet, maka bisa dengan menambahkan apel dan jeruk nipis ke dalamnya.

7.     Jus semangka

Semangka adalah buah yang mengandung kadar air tinggi dan rendah kalori, cocok untuk diet sehat alami. Dalam 100 gram-nya hanya ada 30 kalori, dan ini akan membuat Anda tetap terhidrasi. Sementara itu, buah semangka juga diperkaya akan asam amino arginin yang dapat membantu penurunan lemak. Selain itu, semangka juga dipercaya dapat mengurangi peradangan dan membersihkan tubuh dari racun.

8.     Jus jeruk

Banyak minuman bersoda biasanya menggunakan jus jeruk segar sebagai alternatif yang sehat dan rendah kalori. Jeruk sendiri dianggap sebagai buah dengan kalori negatif. Artinya buah ini mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk pembakaran. Atau sederhananya, kalori yang dikeluarkan tubuh untuk mencerna jeruk lebih besar dibandingkan kandungan jeruk sendiri.

9.     Jus nanas

Jus nanas dipercaya sebagai obat yang bagus untuk lemak perut, yang artinya bisa Anda masukkan ke dalam menu diet sehat alami untuk sehari-hari. Di dalam jus nanas sendiri terdapat kandungan enzim penting yang disebut bromelain. Enzim ini dipercaya dapat membantu metabolisme protein dan membakar lemak perut berlebih.

Selain itu, bromelain juga bekerja dengan enzim lain seperti lipase untuk mencerna lemak dan menekan nafsu makan Anda. Sama seperti jeruk, nanas juga termasuk buah katabolik. Yang artinya tubuh Anda akan menghabiskan lebih banyak kalori untuk mencerna buah nanas dibandingkan yang sebenarnya terkandung.

10.  Jus labu botol

Menu diet sehat alami lainnya yang bisa membantu penurunan berat badan adalah jus labu botol. Banyak yang memanfaatkan bentuk unik dari buah ini untuk kerajinan boneka. Namun tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk penurunan lemak. Buah ini mengandung lebih sedikit kalori tanpa lemak, dan ini juga dapat membantu tubuh Anda tetap dingin. Untuk menambah khasiatnya maka Anda bisa menambahkan satu sendok teh jahe ke dalam jus labu ini. Simak juga artikel kesehatan menarik lainnya disini.

Selain untuk menurunkan berat badan, jus labu botol juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Kandungan kaliumnya sangat baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Selain itu ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan sembelit karena mengandung serat yang tinggi.

Itulah sepuluh jenis buah dan sayuran yang bisa Anda minum sebagai jus diet sehat alami. Tidak hanya menyegarkan, namun jus ini juga dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda sekaligus menurunkan badan. Mengingat jus ini bisa dikonsumsi bersama menu lainnya, maka Anda tidak akan menyesali diet ini.

About Aziza Linda Verra

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *